Monday, July 04, 2005

SEDEKAH MEMBUAT HATI MENJADI LAPANG

Melakukan kebaikan, termasuk dalam hal hal yang dapat mendatangkan kebahagiaan dan menghilangkan keresahan. melakukan kebaikan di sini bisa berupa sedekah, berbuat baik, dan memberikan sesuatu yang baik kepada sesama. Semua ini merupakan satu dari sekian banyak hal yang mampu menciptakan kedamaian di dalam dada." Wahai orang orang yang beriman, belanjakanlah ( dijalan Alloh ) sebagian dari rejeki yang telah Kami berikan kepadamu ". QS. Al Baqarah : 254." Laki laki dan perempuan yang bersedekah ". QS. Al Ahzaab : 35.

Rasulullah saw menggambarkan orang yang kikir dan orang yang dermawan itu dengan dua orang yang masing masing memiliki jubah. Orang yang dermawan terus menerus memberi dan menginfakkan hartanya, sehingga jubah yang ia pakai terus melebar. Demikian pula dengan baju perangnya yang terbuat dari besi, sehingga bekas bekas telapak kakinya terhapus. Sementara itu orang yang kikir terlalu kuat memegang hartanya dan semakin hari semakin berkurang sehingga menjepit dan semakin menyempit hingga jiwanya tersendat.

" Dan perumpamaan orang orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Alloh dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak didataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka gerimis ( pun memadai ). Dan Alloh Maha Melihat apa yang kamu perbuat." QS. Al Baqarah : 265. " Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu." QS. Al Israa : 29.

Belenggu yang mengikat jiwa adalah bagian dari belenggu yang mengikat tangan. Orang orang kikir adalah orang orang yang paling sesak dadanya dan sempit akhlaknya. Mereka adalah orang orang yang kikir atas karunia Alloh. Seandainya mereka sadar bahwa apa yang mereka berikan kepada orang lain akan mendatangkan kebahagiaan, niscaya mereka akan berebut untuk melakukankebaikan ini. " Jika kamu meminjamkan kepada Alloh pinjaman yang baik, niscaya Alloh akan melipatgandakan ( pembalasannya ) kepada kamu dan mengampuni kamu." QS. At Taghaabun : 17. Alloh swt juga berfirman :" Dan, siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung." QS. Al Hasyr : 9. " Dan, mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan. " QS AlBaqarah : 3.

Semua yang ada adalah berkat Allah. Tak ada satupun yang luput dari Allah. Kita hanyalah menumpang didunia ini dan mendapatkan karunia dari Nya. Kitapun dijadikan wakilNya untuk mewujudkan keagungannya yang maha pengasih lagi penyayang. Maka sebaik baiknya perbuatan adalah menunaikan kewajibannya untuk menjadi pengasih dan penyayang pula kepada sesama. Maka tugas memberi adalah tugas wakil dari Allah. Tak ada kemuliaan lain bagi manusia yang merupakan sebaik baiknya citptaan Allah adalah ketika dia mau memberi. Yakinlah dengan segenap akal dan perasaan bahwa tak ada manusia yang abadi. Bila saatnya ajal menjemput maka tak ada satupun yang dibawa kecuali amal ibadah. Dan satu satunya amal didunia yang terus mengalir adalah infak harta, amal jariah.

Orang kaya adalah orang yang tak mampu memberi tapi mau memberi dengan apa yang dia punya. Orang miskin adalah orang yang dinilai mampu memberi tapi tak mau memberi. Artinya kaya harta adalah kaya hati yang tak pernah berhenti bersyukur dan memberi karena Allah. Maka berderma adalah jalan indah menuju kepada Allah. Bila sudah dekat kepada Allah maka tak ada yang lebih baik didunia ini. Itulah harta yang tak ternilai.

No comments:

Akhlak atau spiritual

  Apa pendapat bapak soal kenaikan pajak PPN 12 % “ tanya Lina. Peningkatan tarif PPN tujuannya tentu untuk meningkatkan penerimaan negara d...