Saturday, March 05, 2022

Ilmu pengetahuan.

 



Di dunia ini negara besar mengindikasikan mereka pemilik perpustakaan besar. Masuk dalam  urutan kelas dunia. Inggris: British Library ( Urutan 1 terbesar di dunia) AS : Library of Congress (2), New York Public Library (4), Boston Public Library (16) , New York State Library (17) , Harvard Library , Yale Library (18). China :Shanghai Library (3) National Library of China (10) Rusia :Russian State Library (6) National Library of Russia (11). Jepang : National Diet Library (7). Denmark: Royal Library, Denmark. Perancis : Bibliothèque nationale de France (9). German : German National Library (12) , Berlin State Library (15). Spanyol : Biblioteca Nacional de España (13). Swedia : National Library of Sweden (19). Ukrania : Vernadsky National Library of Ukraine (20). Iran : National Library of Iran (21). 


Negara negara tersebut. Dalam sekian dekade mampu mengikuti perubahan dunia dan menjadi unggul berkat ilmu pengetahuan.  Waktu remaja ibu saya provokasi untuk datang keperpustakaan itu. Karenanya  saya  bermimpi ingin datang ke perpustaan itu. Walau saya gagal masuk universitas. Namun cita cita ingin masuk perpustakaan itu tidak pernah padam. Alhamdulilah. Diatas usia 40 sampai usia 45 tahun. Saya sudah kunjungi semua perpustakaan itu. Saya bisa tahu. Mereka memang hebat berkat Iqra. " Terimakasih, Amak. Telah memberikan aku jalan menemukan  hikmah hidup”


Yang saya sedihkan. Islam yang pernah menguasai dunia seperti dinasti Turki Usmani, tidak termasuk dalam daftar perpustakaan terbesar dunia. Padahahl Usmani berkuasa hampir 600 tahun. Hanya diwakili oleh Iran. Dan kini hanya iran satu satunya negara islam yang punya pusat riset nuklir berkelas dunia. 


Iran lebih dulu paham potensi logam tanah jarang untuk sumber energy murah. Mereka tidak sibuk seperti indonesia yang bangun pabrik mobil istrik atau baterai.  Mereka simpan dulu SDA mereka yang kaya LTJ.. Mereka focus bangun pusat riset LTJ. Tahun 2018 Iran bangun pusat riset Logam Tanah Jarang. Ini terbesar kedua setelah China. Terlibat dalam riset energy fusi bersama China. Kalau mereka sukses, akan mampu mengurai mineral rare earth untuk mencukupi sumber energy murah sepanjang zaman.


“ Tapi bro, anda tidak perlu inferirior. Tetap harus bangga. Jumlah masjid terbesar di dunia ada di Indonesia. Mengalahkan seluruh negara islam di dunia. Anda negara religius yang bisa menyerap ilmu tanpa belajar. Karena melalui ustad, Allah ajarkan kalian berpengatahuan.Dunia tidak penting yang penting akhirat “ Kata teman dari Iran waktu dia ajak saya ke National Library of Iran, Teheran yang berjumlah 15 juta buku. Saya terhenyak dan akhirnya senyum pahit


No comments:

HAK istri.

  Ada   ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh da...