Wednesday, September 17, 2008

Masyarakat Resiko

Bangsa AS memang menggunakan masa depan sebagai permainan angka angka dan asumsi. Hebatnya asumsi mengabaikan masa depan itu sendiri dengan lahirnya produk imajiner bernama future option. Ada resiko dan begitulah bahwa tidak ada kapitalis tanpa resiko. Hari ini bukan masa lalu dan who care about the future selagi modal dapat mengalir bebas menangkap apapun peluang didepan. System dibangun untuk terbentuknya great canal bagi arus modal. Ada yang menjamin , ada yang menilai, ada yang memasarkan dan juga ada mengatur lalu lintas itu , tapi tidak ada pengendali kebebasan modal. Dari semua itu pertumbuhan ekonomi terangkat dan daya beli meningkat , pasarpun semakin rakus melahap semua produk import. Produktifitas tak penting lagi karena liquiditas selalu tersedia untuk berhutang dan berkonsumsi. Maka who care about the future ?

AS percaya kehebatan kendali system moneter mereka yang no risk. Percaya dengan kekuatan kendali system pertahanan security dalam negeri. Dipusat kepongahan patung liberty, keamanan menjadi ilusi ketika gedung kembar WTC New York rubuh olek aksi teror. Dipusat jantung system kapitalis , Wall street pun tersungkur dilanda crisis credit. Lantas dimanakah kendali yang dibanggakan itu. Jawabnya tidak ada! Karena setiap kendali dalam system kapitalis kehilangan nyali dihadapan modal, dan bahkan banci bersikap. Keperkasaan AS sebagai pengendali kekuatan dunia tidak berlaku didalam negeri. Negeri ini kehilangan darah heroik untuk berhadapan dengan segelintir orang yang mengontrol uang beredar. Tak nampak garang seperti di Irak atau Afghanistan.

Yang pasti kini bagi AS , masa depan yang dulu dibayangkann dalam angka angka asumsi economic growth ternyata adalah wilayah beresiko. Keperkasaan memperdaya waktu dan kekinian dalam asumsi , sirna sudah. Bahkan asumsi dari lulusan Harvard Business School bidang financial Analysis yang berkarir di Wall Street ,kini menjadi jobless karena tempat dia berkarir dengan kehebatan matematika derivative product money market terjerembab. Ada 28 ,000 manusia first class dibidang keuangan masuk dalam daftar penganggur baru untuk bergabung dengan 6% populasi pengangguran yang sudah ada di AS. Itulah dampak dari crisis credit subpreme yang membuat Lehman Brothers sebagai investment banker berusia lebih seratus tahun tersungkur dalam hitungan jam. Masalah selesai ? inikah masadepan itu ?

Kemudian mereka berkata “Kita hidup dalam masyarakat resiko “. Masa depan dunia bukan lagi tempat yang aman bagi semua. Ancaman ; global warming , krisis pangan dan energy, dan terror bangkitnya kekuatan islam. Mereka paranoia diatas kekalahan melawan dirinya sendiri. Mereka bicara tentang akibat tapi tidak berani bicara tentang sebab. Senyatanya akar masalah sebab musabab itu adalah hilangnya control pasar. Padahal control itu adalah cara untuk mengelola ketidak pastian masa depan. Ibarat Nafsu adalah hal tanpa batas tapi nurani mengontrol agar nafsu tidak mengabaikan akal sehat. Masyarat resiko adalah masarakat kehilangan akal sehat karena memperturutkan hawa nafsu. Yang terlalu yakin mempermainkan sang waktu padahal tidak ada satupun manusia berdaya terhadap sang waktu.

AS bisa saja berkata dengan gagah untuk siap mengambil resiko, tapi dengan cerdik pula akhirnya akan mencoba menguasai “ketidak terdugaan “ dengan menyalahkan orang lain. Sama seperti Hitler yang mengirim kaum Yahudi kekamar gas beracun karena gagal mengelola ekonomi dan mengurangi pengangguran. Juga tidak jauh beda dengan AS yang menyalahkah Al Qaeda sebagai biang dibalik kejatuhan Ekonomi AS. Video amatir yang 7 tahun tersimpan di pentagon kini kembali diputar. Rekaman berisi tentang pernyataan dari Osama Bin laden pada bulan desember 2001“ Jika ekonomi mereka ( AS) hancur, mereka akan sangat sibuk dengan masalah mereka sendiri dan akhirnya membuat mereka lemah. Ini sangat penting untuk kita selanjutnya memfokuskan perhatian untuk memukul ekonomi AS dengan semua cara yang mungkin.” Selanjutnya ada pula kata kata dari wakil Osama Bin Laden , Ayman Al _Zawahiri “Kami juga akan meneruskan upaya, jika diizinkan Allah untuk menghancurkan ekonomi AS.

Padahal terbentuknya “masyarakat resiko “ lahir karena sikap yang menolak hadirnya sang penguasa seluruh alam semesta. Selagi manusia tidak percaya akan sang penguasa sejati maka selama itupula manusia tidak akan pernah menyadari bahwa masa lalu berhubungan dengan masa kini dan masa kini menentukan masa depan. Dimasa depan semua manusia akan mati. Itulah yang pasti. Selebihnya tidak ada yang pasti. Karenanya menyadari “masyarakat resiko “ adalah kesadaran keimanan kepada Allah, dalam bentuk kesederhanaan, kejujuran, keikhlasan, kebersamaan sebagai ujud ketidak berdayaan menghadapi sang waktu. Inilah yang dilupakan oleh AS untuk akrap dengan resiko dan sekaligus mengendalikannya dengan bijak.

Thursday, September 11, 2008

Gus Dur dan PKB

Sebuah tontonan politik memilukan hati kita. Seorang yang ditokohkan , yang dibela nama baiknya dan ditempatkan sebagai President hasil kesepaktan poros tengah. Kini dipermalukan didepan public. Mungkin kita bertanya tanya ada apa didalam tubuh PKB. Gus Dur, ada apa dengan tokoh pro demokrasi yang kiyai ini. Mengapa murid dan bahkan ponakan tersayangnya berseberangan dengannya. Inikah nilai demokrasi yang selama ini diperjuangkan oleh Gus Dur, hanya menghasilkan pertikaian untuk saling menghujat lewat pengadilan.?

Keberadan PKB tidak bisa dilepaskan dari ke tokohan seorang Gus Dur. Seorang ulama intelektual, budayawan , negarawan dan juga seniman. Memahami Gus Dur bukanlah hal yang mudah apalagi orang yang berpikir sektoral. Dia seorang universal dalam melihat persoalan dinamika kehidupan abad yang brengsek ini. Dari dirinya muncul berbagai pandangan yang pro dan kontra. Diapun dipuji dan juga dimaki. Tapi begitulah eksistensi seorang tokoh yang tak lepas dari suka dan tidak suka. Gus Dur paham betul akan langkahnya. Dia melintas batas atau mungkin bataslah yang melintasi dia.Ke kiyaiannya tidak dalam bentuk symbol sarungan walau basisnya adalah organisasi Islam yang berbau tradisional atau sarungan.

Memahami PKB tidak bisa disamakan seperti memahami Qur’an dan hadith. Tidak bisa dibawa kepada pemahaman secara kaku tentang firman Allah pada Surat Al-Nisa : 4: 59, bahwa mentaati Allah dan rasul juga haruslah mentaatin pemimpin. Silang sengketa terjadi maka semua harus dikembalikan kepada Al Qur-an dan hadith. Tidak bisa. Masalah ini sudah final dan tidak perlu diperdebatkan. Pertikaian justru terjadi karena pemahaman luas dari Surat Al – Nisa itu sendiri. Masing masing punya pandangan sendiri sendiri. Dari semua itu , tentu kembali lagi kepada posisi sentral dari seorang Gus Dur.

PKB bukanlah Hizbullah yang didirikan oleh Khomeini dan bertarung melawan imperialis Zeonis. Kita tidak akan mendengar Hisbullah bertikai secara internal. Bahkan tak ada satupun pihak luar yang bisa masuk , apalagi memprovokasi Hizbullah. Kelompok Islam melawan zeonisme , Gus Dur mendukung Israel. Maka PKB Gus Gur menciptakan warna tersendiri, sebuah bendera Islam yang mengakui pluralisme kebangasaan. Sesutu yang memang selalu berseberangan dengan kelompok lainnya. Masalah ini tentu sudah dipahami oleh Gus Dur dan dia berbuat dengan caranya yang berbeda dan selalu berbeda , yang sectoral menjadi universal dan begitu sebaliknya. Tak akan pernah sampai wawasan kita untuk memahami seorang Gus Dur dengan project PKB nya sebagai visi masa depannya, visi kebangsaannya.

Pertikaian ditubuh PKB bukan pula cermin dari sebuah citra islam yang universal. Bukan pula Citra budaya Indonesia yang suka bermusyawarah mufakat “ untuk menentukan kata sepakat. Pertaikain ini lahir dari sikap “demokrasi ala Gus Dur” , yang menciptakan kader untuk loyal kepada kekuasaan mutlak dari sebuah Dewan Syuro. Sebatas ini adalah benar sebagai dasar syariat Islam menjaga barisan lurus ( Ashaff ) umat. Namun menjadi lain hasilnya bila visi syariat islam dikaburkan oleh semangat pluralism. Maka kebenaran menjadi subjective dan ruang bertikai terbuka lebar. Disaat itulah kekuatan lawan masuk untuk membubarkan barisan lewat kader bermental petualang.

Tapi kita yang berada diluar , merindukan sebuah visi religius yang sejuk. Bahwa apapun alasannya pertikaian itu tidak boleh terjadi. Orang mukmin adalah bersaudara satu sama lain dan saling menjaga. Keburukan satu pihak tidak boleh diketahui pihak luar. Berdialohg dalam kesabaran adalah kunci untuk memenang akal sehat yang bersumber dari hati nurani terdalam. Inilah yang universal untuk dipahami bila kita ingin berjuang untuk menciptakan kehidupan yang madaniah. Ya, kita hanya bisa mengelus dada, karena sebuah tontotan politik menjadi tidak lagi edukasi untuk menjadi teladan bagi anak anak kita.

Monday, September 01, 2008

Makna Puasa

Nafsu adalah kayu bakar. Akal adalah penyulutnya. Nurani adalah pemadamnya. Itulah analogi dalam diri kita. Tubuh dan jiwa adalah satu tanpa terpisah. Jiwa yang panas akan membuat tubuhpun panas. Akal yang panas akan membuat tubuh bereaksi berang. Ada insteraksi yang tak pernah berhenti, jiwa mempengaruhi phisik dan begitupula sebaliknya. Interaksi haruslah menciptakan keseimbangan. Ketidak seimbangan akan melahirkan penyakit jiwa atau phisik. Begitulah hukum yang berlaku dalam dimensi kita yang hidup dibumi.

Makanya Ramadhan bermakna yang panas dan membakar. Sebuah makna tentang pembakaran semua dosa. Biang dosa tentulah nafsu yang menyeret akal dan nurani dalam wilayah tanpa kenal ketulusan, kesabaran dan tawadhu. Manusia pendosa adalah manusia yang memperturutkan hawa nafsu dan mengabaikan peran nurani sebagai penyeimbang. Dibulan Ramadhan ini , Allah memberikan standard operating procedure ( SOP)untuk tubuh dan jiwa kita agar terjadinya keseimbangan dan kemuliaan. Apabila SOP ini dapat kita lalui dengan benar maka kitapun akan mendapatkan reward sebagai orang yang bertaqwa atau orang yang lulus SOP.

Ramadhan sebuah SOP yang berspektrum luas karena ia merupakan sebuah process pembelajaran tentang hakikat hidup. Bahwa hidup adalah kehinaan ketika manusia menempatkan nafsunya diatas segala galanya. Ketahuilah bahwa setiap “kenikmatan” dunia pada akhirnya akan berujung kepada tempat terhina atau terjorok. Kemana makanan lezat terbuang setelah lewat kerongkongan kita dan dilumat oleh usus ? Apakah alat kenikmatan bersenggama itu tempat yang suci? Tentu “alat itu” tempat keluarnya semua kotoran didalam tubuh kita. Tapi juga tempat saluran sumber kehidupan manusia terlahirkan. Dibulan ramadhan ini, makna nafsu diingatkan untuk kita menghindari sex, makan/minum , ucapan amarah , selama rentang waktu yang ditentukan.

SOP ini dibuat oleh Allah hanya kepada manusia karena Allah tidak akan menganiaya manusia ketika Dia menciptakannya. Allah maha tahu tentang segala kekurangan dan kelebihan kita. Itu sebabnya ibadah di bulan Ramadhan ini adalah ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah. Kemuliaan bulan ramadhan adalah repliksi kasih sayang Allah kepada umat manusia yang beriman. Sampai sampai Al Quran sebagai blue print hidup kita di turunkan di bulan Ramadhan ini. Dalam SOP dibulan ramadhan ini , manusia diharuskan mengekang hawa nafsunya dan meningkatkan kepekaan nuraninya. Akal harus lepas dari segala pencerahan yang menyesatkan kecuali hanya tunduk kepada perintah puasa. Dari ritual ramadhan ini manusia diharapkan kembali kepada fitrahnya diciptakan untuk hanya dan hanya beribadah kepada Allah dan mengejar kemuliaan dihadapan Allah.

Bila nafsu sudah terkekang didalam bilik gelap maka akal akan mencerahkan kita bersikap karena suara nurani selalu hidup. Kitapun akan menjadi manusia yang rendah hati, ikhlas serta sabar dalam beribadah kepada Allah. Sikap ini akan menjadikan kita sebagai mahluk social yang peka terhadap sesame. Keiklasan berkorban dan berbuat untuk membela yang lemah akan mewarnai hidup kita. Segala kebencian dan dendam akan terkubur seiring dengan semakin mudahnya kita memaafkan dan mengikhlaskan. Agama akan menjadi the way of live untuk sebuah keyakinan bahwa individualisme , keserakahan karena nafsu memang kehinaan dan merendahkan fitrah kita diciptakan oleh Allah.


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

Mi Instan

Setiap hari anda mungkin dijejali dengan berbagai informasi yang masuk kedalam rumah anda melalui televise. Mungkin anda kesal karena harus menunggu iklan usai untuk menonton lanjutan sinetron. Atau anda mungkin kesal karma lembaran Koran semakin tebal karena jumlah halaman iklan semakin banyak. Di jalan raya, andapun dipaksa untuk menatap billboard iklan. Dibandara, di stasiun, diterminal , bahkan di toilet anda akan menjumpai iklan. Dunia kini tidak bisa lepas dari marketing communication. Creativitas terbangun semakin meluas mencakup bauran komunikasi ( marketing mix communication ).

Creativitas communication and advertising, strategy dibangun untuk mendobrak road block audience terhadap emotion, perception, habitual , culture. Sehingga pada akhirnya menjadi konsumen yang setia. Emotion kita percaya setiap barang harus sesuai asas manfaat. Emotion ini dirubah bahwa barang bukan hanya butuh manfaat tapi juga image dan status. Peception kita tentang produk adalah karena dorongan kebutuhan dibalik produk tersebut. Misal. Kita minum coffee karma pengaruh coffeine. . Perception ini dirubah dengan coffee tanpa caffeine. Habitual ( kebiasaan) kita adalah belanja dilayani, dirubah self-service. Culture kita berbelanja harga murah dan kebutuhan. Culture ini dirubah , belanja karna image dan image. Maka harga bukan masalah.

Tanpa disadari masyarakat sebagai audience secara lambat namun pasti mulai jebol road blocknya dan mulai bergeser arahnya sesuai strategy marketing untuk menjadi pelanggan pemula dan akhirnya setia, bahkan membentuk road block baru sebagai consumer minded. Road block baru ini pula yang akhirnya merembet dalam kehidupan social culture masyarakat. Perasaan cantik, cerdas, gagah, cool dan lain sebagainya dapat dibeli dimana saja. Karena berbagai produk tersedia sebagai representasi dari perasaan yang diinginkan. Barang sebagai sebuah hakikat kebutuhan telah menjadi alat pemuas dan memuaskan segala yang sulit didapat orang. Sikap serba mudah dan nyaman hadir dari berbagai mesin industri. Semuanya untuk memanjakan kehidupan dan memendekan process dalam ilusi.

Yang terjadi kini, kita melihat akibat dari pengaruh marketing mix communication ini adalah orang ingin membeli apa saja yang bisa dibeli. Orang ingin mendapatkan apa yang bisa didapatkan dengan mudah karena akan selalu ada produsen yang siap memenuhi keinginan konsumen. Begitupula dengan kepemimpinan. Untuk jadi president , gubernur, bupati atau anggota legislative tidak perlu process pengabdian berpuluh tahun ditingkat berjenjang dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi. Tidak perlu. “Peminpin dengan process” harus diganti dengan “pemimpin tanpa proses”. Atau sama seperti “ coffee dengan caffeine diganti dengan “coffee tanpa caffeine” Atau “Susu padat lemak “ diganti dengan “susu tanpa lemak “. Maka kepemimpian tanpa process adalah road block baru untuk menjadi
emotion block, perception block, habitual block , culture block, dalam budaya politik kita.

Padahal “Kepemimpinan” selalu berkaitan dengan kualitas-kualitas tinggi dalam moral dan karakter. Kualitas-kualitas, seperti visionary, empowering, authentic, resonant, heroic, transformational, dan puluhan ciri lain. Hal itu adalah hasil tempaan yang lama dan penuh jerih payah melalui keterlibatan penuh dedikasi di dalam komunitas yang melahirkan nature kepemimpinan itu. Maka, kepemimpinan juga dilekatkan dengan ide-ide dan perbuatan-perbuatan besar dan cinta besar yang membawa perubahan, sekalipun harus lama bertekun, bergerak melawan arus, dan tak jarang berkorban untuk para pengikut.

Makanya tidak banyak yang bisa diharapkan dari road block baru perpolitikan dinegeri ini. Karena system demokrasi memang hanya melahirkan negara partai. Tidak perlu terkejut bila barisan pelawak dan atis jadi caleg karena restu partai. Tidak perlu terkejut putra putri pejabat partaipun jadi caleg karena restu partai. Tidak ada yang aneh. Ini sudah lazim dalam system demokrasi. Tokoh tidak lagi dilahirkan tapi diciptakan oleh marketing mix communication. Mereka sepeti mie istant yang semua bumbunya adalah hasil rekayasa biotech bukan natural. Mereka naik terlalu cepat sebelum karakter dan kualitas moral mereka ditempa komunitas yang mereka pimpin. Dicangkokkan dari luar, mereka tidak berakar dalam komunitas itu. Seperti product “mie instant” ;. rasa soto tapi bukan soto, rasa ayam tanpa ayam, rasa pedas tanpa cabe. Semua palsu dan menipu.

Saturday, August 16, 2008

Padamu Negeri...

''Proklamirkan kemerdekaan sekarang juga.'' Demikian Chaerul Saleh berkata lantang kepada Soekarno di tanggal 14 agustus 1945, jam 15.00. Soekarno sadar bahwa ada tuntutan dari kaum muda untuk segera merdeka. Namun sebagai orang tua yang sangat mencintai rakyatnya, Soekarno sadar kata kata proklamasi itu sangat berbahaya dalam posisi Jepang masih mencengkram leher bangsa Indonesia. Juga dibayangkan oleh banjir darah rakyat yang tak berdosa menghadapi bedil sardadu jepang. Bayangan paska kemerdekaan yang menyeramkan inilah membuat Soekarno lebih memilih untuk menhikuti protocol Jepang untuk mencapai Indonesia merdeka,yaitu melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).. Yang tua ragu dan yang muda berhati satu its Now or never.

Ditengah kecemasan akan balantentara Jepang dan hasrat kaum muda untuk merdeka, Wikana mengancam Soekarno ''Kalau Bung Karno tidak mau mengumumkan proklamasi, esok akan terjadi pertumpahan darah di Jakarta.'' Bung Karno pun naik pitam, , ''Ini batang leherku. Potonglah leherku malam ini juga.'' Wikana terkejut melihat kemarahan Bung Karno itu. Ancaman para pemuda rupanya bukan omong kosong. Pada 16 Agustus 1945 pukul 04.00, setelah sahur, mereka menculik Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok. Di sini sekali lagi para pemuda di bawah pimpinan Sukarni gagal memaksa keduanya untuk memproklamasikan kemerdekaan.

'Perdebatan' kelompok muda dan tua terjadi kembali pada menit-menit menjelang proklamasi. Meski proklamasi diputuskan akan dibacakan pukul 10.00 di kediaman Bung Karno, para pemuda tetap gelisah. Mereka khawatir tentara Jepang akan menggagalkan nya. Mereka mendesak Bung Karno segera membacakannya tanpa menunggu Bung Hatta. ''Saya tidak akan membacakan teks proklamasi kalau Bung Hatta tidak ada. Jika Mas Muwardi tidak mau menunggu, silakan baca sendiri,'' kata Bung Karno dengan lantang. Tak lama kemudian terdengar teriakan, ''Bung Hatta datang... Bung Hatta datang. “ Tepat pukul 10.00 tanggal 17 Agustus 1945, kemerdekaan RI pun
diproklamasikan.

Mungkin ketika proklamasi kemerdekaan dikumandangkan, para pemuda sadar bahwa inilah takdir dibulan ramadhan berlaku bagi lahirnya ketetapan Allah untuk sebuah negeri baru berdiri bernama Indonesia. Juga awal dari satu proses panjang untuk membuktikan tekad kaum muda itu. Soekarno dan Hatta dan juga para pemimpin ketika itu tidak ada pilihan lain kecuali mendukung langkah “irrasional “ ini menghadapi segala kemungkinan terburuk menuju kemerdekaan sejati. Benarlah, pidato singkat maklumat Prokmasi disambut dengan kalimat “ Merdeka atau mati. ! “ oleh seluruh lapisan masyarakat. Semua mereka bersiap menjemput sahid demi tegaknya Indonesia merdeka.

Tahun tahun berikutnya adalah jutaan mayat terbujur dibumi pertiwi. Negeri inipun tercatat dalam sejarah dunia sebagai pemilik batu nisan “pahlawan “yang mati dan dikubur ditanahnya sendiri, terbanyak didunia. Inipulalah negeri satu satunya didunia yang mempunyai makam Pahlawan disemua Kota. Seakan menjadi saksi abadi tantang harga sebuah kehormatan yang harus dibayar untuk lahirnya generasi tanpa terjajah. Maka kemerdekaan dibangkitkan oleh jiwa yang tulus. Hati yang tenang meregang nyawa lepas dari jasad. Senyuman terpancar karena mati demi sebuah keyakinan. Dapat dikatakan pejuang kemerdekaan bukan hanya pahlawan bangsa tapi lebih dari itu adalah prajurit Tuhan ( Soldier of god ) yang balasannya hanya satu, yaitu sorga.

Enam puluh tiga tahun sejak proklamasi dikumandangkan. Enam puluh tiga tahun yang lalu ketika para pemuda menjemput sahid disemua medan pertempuran. Enampuluh tiga tahun lalu ketika harga diri bangsa dibela dengan nyawa dan harta. Kini , masa lalu dipertanyakan. Makam pahlawan , hanyalah penghias kota sebagai taman dan monumen bisu. Lagu “
pada mu negeri , kami berbakti…“ digantikan oleh “ Padamu uang , kami berbakti… “. Begitupula denga lagu “ Maju tak gentar , membela yang benar “ diganti dengan “Maju tak gentar , membela yang bayar ”. Plesetan lagu ini telah mewarnai setiap seluruh aspek kehidupan social, budaya dan politik. Masa lalu yang heroic tetaplah menjadi kumpulan buku cerita yang jarang disentuh lagi di rak rak perpustakaan. Tak lagi menarik untuk di tampilkan di televise ataupun layer lebar. Kemerdekaan bukan lagi sacral untuk direnungkan karena era pencerahan tentang nilai nilai baru. Nilai yang lebih universal tentang peach , freedom, equality untuk semua dan satu tanpa batas, neoliberal. Sebuah ungkapan menghilangkan nilai nilai sejarah kemerdekaan. Mengaburkan heroisme yang bau amis darah

Maka kemerdekaan juga adalah kesediaan untuk menerima lahirnya kebebasan dari pasar untuk pasar. Tentu akhirnya adalah kemerdekaan bagi pemodal untuk memaksa para buruh berbaris dalam satu komando untuk “Maju tak gentar membela yang bayar”. Juga me nggiring politisi berkata bulat “ maju tak gentar membela yang bayar”. Juga menggiring hakim dan Jaksa “ maju tak gentar membela yang bayar”. Menggiring ribuan anak gadis belia diperkampungan miskin didesa untuk memenuhi tempat pelacuran di kota “ maju tak gentar membela yang bayar”. Semua diukur dengan “ Pada mu uang” dan ketulusan pun tak ada lagi karena semua harus dalam lagu yang sama “ maju tak gentar membela yang bayar. Maka kini kemerdekaan menciptakan “ business class dan economic class. Semuanya terpampang jelas dipemukiman real estate, di Sekolah International dan di Rumah Sakit International di kawasan elite. Disisi lain juga ada kumpulan wajah muram dipemukiman kumuh dibalik gedung pencakar langit kota, dibalik gunung, di pesisir pantai, didesa desa terpencil.

Semakin bertambah usia kemerdekaan bangsa ini , semakin jauh jarak antar kelas social. Yang pasti 63 tahun negeri ini merdeka berhasil menciptakan
23.000 orang mempunyai dana diatas USD 1 juta dan menguasai 90% uang beredar di negeri ini. Kiri kira 23 ribu orang itu komunitasnya hampir sama banyak dengan elite belanda ketika menjajah kita dulu. Enam kali berganti president , hutang kepada asing terus bertambah dan bertambah hingga makna kemedekaan tak perlu lagi dibahas kecuali “ Pada mu Kreditur, kami berjanji , Pada mu Asing kami berbakti…karena "Hutang atau mati !!

Tuesday, August 12, 2008

Soros

Masa depan perekonomian dunia terancam oleh system pasar modal kapitalis. Ancamn itu datang dari supper bubble asset dipasar modal. Sekarang saham saham emiten yang bergerak dibidang pertanian dan tambang mencapai harga overvalue dan bahkan mengarah ke supper bubble. Bahkan Soros mengatakan bahwa biang kesalahan ini sudah berlangsung sejak 25 tahun lalu. Ini disebabkan oleh kesalahan philosophy mengambil kebijakan.Terutama mengizinkan Wall Street meningkatkan uang dipasar modal melalui credit derivative. "The idea was that regulators always make mistakes, state interference in the markets just messes things up and that was a false idea .... Regulators are human and bound to make mistakes, but markets are also human and they are also bound to make mistakes. Instead of markets always being right, they're actually always groping at trying to find out what the facts are. But they never get it right."

Yang menarik dari ungkapan itu adalah karena disampaikan oleh seorang Soros, pemain culas dipasar uang. Tentu Soros paham betul segala kelemahan dan kelebihan dari system kapitalisme. Seakan ada feeling guilty terhadap masa lalunya ketika masih bertindak sebagai player memimpin Quantum Hedge Fund. Dia mencoba mengkoreksi kebijakan system kapitalisme dalam bukunya The New Paradigm for Financial Markets. Entah apa sebenarnya dibalik ungkapan tersebut. Apakah mungkin kecintaannya kepada Negaranya yang selalu saja tidak pernah sepi dari gelombang resesi dari satu masa ke masa berikutnya. Karena semua tahu bahwa system capitalism menciptakan pasar bukan hanya sekedar bertemunya antara pembeli dan penjual tapi juga untuk memberikan kesempatan pada siapapun untuk menentukan harga tanpa fundamental base, yang didukung oleh berbagai skema financing dari lembaga keuangan. Yang terjadi adalah permainan harga oleh sekelompok orang, merugikan yang lain dan menguntungkan yang lainnya.

System pasar modal yang ideal tentulah pasar modal yang memungkinkan terciptanya pertumbuhan sector riel melalui penyertaan modal melalui pasar modal untuk terjadinya sprea ownership. Harga yang berbicara atas setiap lembar saham bukanlah ditentukan oleh unsur spekulasi tapi lebih kepada fundamental value emiten. Harus disadari bahwa spekulasi bukanlah kegiatan investasi . Spekulasi tidak memberikan manfaat apapun bagi produktifitas emiten. Sudah pula menjadi kenyataan sejarah bahwa spekulasi adalah penyebab terjadi krisis keuangan sebagai akibat mental rakus dan ingin kaya dengan memperdaya orang lain.

System yang ideal itu ada dalam Islam. Islam mengatur transaksi pasar modal melalui konsep syariah. Transaksi pembelian dan penjualan saham tidak boleh dilakukan secara langsung. Dalam pasar modal konvensional investor dapat membeli atau menjual saham secara langsung dengan menggunakan jasa broker atau pialang. Keadaan ini memungkinkan bagi para spekulan untuk mempermainkan harga. Akibatnya perubahan harga saham ditentukan oleh kekuatan pasar bukan karena nilai intrinsik saham itu sendiri. Hal ini dilarang dalam Islam. Untuk itu dalam proses perdagangan saham, emiten memberikan otoritas kepada agen di lantai bursa, selanjutnya agen tersebut bertugas untuk mempertemukan emiten dengan calon investor tetapi bukan untuk menjual dan membeli saham secara langsung. Kemudian saham tersebut dijual/dibeli karena sahamnya memang tersedia dan berdasarkan prinsip first come - first served.

Pada Modal syariah adalah purity zone dari transaksi yang tidak beretika dan amoral, seperti manipulasi pasar, transaksi yang memanfaatkan orang dalam (insider trading), menjual saham yang belum dimiliki dan membelinya belakangan (short selling). Sementara itu etika di pasar modal syariah, yaitu setiap orang bebas melakukan akad (freedom contract) selama masih sesuai syariah, bersih dari unsur riba (freedom from al-riba), gharar (excessive uncertainty), al-qimar/judi (gambling), al-maysir (unearned income), manipulasi dan kontrol harga (price control and manipulation), darar (detriment) dan tidak merugikan kepentingan publik (unrestricted public interest), juga harga terbentuk secara fair (entitlement to transact at fair price) dan terdapat informasi yang akurat, cukup dan apa adanya (entitlement to equal, adequate, and accurate infromation).

Seharusnya Soros memperdalam Al Quran dan Hadith sebelum menulis The New Paradigm for Financial Markets. Tentu akan lebih konkrit sebagai new paradigma menuju keadilan dan kesejahteraan bagi penduduk planet bumi ini.

Monday, August 11, 2008

Pemimpin

Dalam Al Quran tidak ada kata president atau pemilu. Tapi bukan berarti Al Quran tidak mengaturnya. Dalam konteks politik biasanya president disebut dalam dua kata yang bermakna sama namun berbeda secara substantial. Dua kata itu adalah Khalifah dan imam. Dalam bahasa Indonesia, makna kedua kata itu sama yaitu pemimpin atau penguasa namun berbeda secara substantial. Kata Khalifah berakar dari khalafa, yang berarti menunjuk pada seseorang yang berada di “belakang” atau orang yang menggantikan tokoh yang ada didepan ( pendahulunya). Kata Khalifah masih dibagi lagi dalam bentuk tunggal dan jamak. Dalam bentuk tunggal, misalnya , dapat ditemukan dalam Al-Baqarah ayat 30 : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi” Dalam bentuk jamak, khalaif , disebut empat kali dalam Alquran , dan Khulafa disebut tiga kali

Sementara kata imam adalah orang yang ada “didepan”. Artinya tokoh yang harus diteladani dan memberikan teladan didepan. Tokoh ini harus terepan dari segala puncak kepribadian dan moral ; santun, terpuji, bermoral tinggi, bijaksana, rendah hati, dan yang paling utama dalam iman dan taqwa. Kata Imam dalam Al Quran disebut 7 kali, dengan makna dan konteks yang berbeda namun tetap saja Iman bermakna sama tentang tokoh keagungan, tokoh segala tokoh yang dijadikan teladan bagi keturunannya dan seluruh umat manusia, yaitu Nabi Ibrahim ( QS. Al-Baqarah (2):124) yang menjadi pemimpin langsung dari Allah , bukan melalui musyawarah, begitupula Nabi Muhammad tapi lebh memilih menjadi “pemimpin “ saja.

Dalam system politik kekuasaan, system presidential , President adalah Khalifah dan juga imam. Sebagai kepala negara ( bapak bangsa/imam) juga sebagai kepala pemerintahan ( khalifah ). Itulah dasar berdirinya negara kita, yang menempatkan posisi president begitu sempurnanya sebagai pemimpin. Dia harus menjadi teladan dan sekaligus pengatur berjalannya roda pemerintahan. Atau dalam teori managemen, kepemimpinan yang berlandaskan kepada kekuatan moral mengambil kebijaksanaan namun memahami ketentuan mengenai compliant (term and procedure). Dalam system demokrasi liberal ini , kedudukan president , posisi moral tidak otomatis menjadi kekuatan politik bila dia tidak bisa memenuhi compliant. Sementara compliant ini berbentuk UU dan PP yang syarat dengan kepentingan kekuasaan kelompok ,yang bermuara kepada kepentingan pribadi

Seharusnya para mereka yang duduk di Parlemen, sebagai pembuat compliant terhadap tugas kepresidenan juga memenuhi criteria imam karena dia dipilih langsung oleh Rakyat. Bukankah jargon demokrasi “ suara rakyat adalah suara Tuhan” . Seperti firman Allah “ orang orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka dimuka bumi ini, niscaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf ( baik) dan mencegah perbuatan yang munkar ( QS AL- Haji (22) : 41). Dari makna firman ini tidak lain adalah memimpin itu dengan cinta dan kasih sayang. Tidak ada pertikaian karena semua berbicara bernafaskan peran yang sama sebagai rahmat bagi alam semesta. Tidak sampai disitu saja, bahkan kita semua sebagai rakyat juga adalah pemimpin ( keluarga ) yang setiap kepeminpinannya akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

Ingatlah bahwa kepemimpinan itu adalah kekuasaan diberikan karena sebuah amanah. Tidak ada dogma lain yang membalut kepemimpinan kecuali dia harus mampu menunaikannya dengan baik. Jika tidak maka dia adalah pengkianat dan khianat itu adalah ciri orang munafik. Dalam islam kekuasaan bukanlah suatu kemewahan ataupun ketenaran, melainkan beban berat yang harus dipikul, dan tentu tidak sembarang orang yang mampu memikulnya. Sehingga tidak pantas bila kekuasaan itu menjadi rebutan. Tapi itulah yang kini kita saksikan…

Pemerintah Suriah jatuh.

  Sebelum tahun 2010, kurs pound Syuriah (SYP) 50/1 USD. Produksi minyak 400.000 barel/hari. Sejak tahun 2011 Suriah dilanda konflik dalam n...