Membentuk diri.

 



Kalau komputer yang buat program adalah manusia dan yang mengoperasikan juga manusia. Sebenarnya dalam diri manusia sudah ada software ( akal dan hati ) tentang kebaikan sebagai mahluk terbaik dibandingkan dengan mahluk lain. Kalau anda pernah baca buku, cellular programing and reprograming oleh Sheng Ding, secara sains bisa dijelaskan tentang kemampuan cell programming entity, bahwa manusia punya kemampuan diprogram dan memprogram ulang diri.


Apa itu di program ? Contoh dari kecil anda mengenal cinta dari kedua orang tua maka selanjutnya itu akan menjadi program dalam diri anda. Guru di sekolah menanamkan program dalam diri anda. Lingkungan keluarga juga berperan meng create program dalam diri anda. Lingkungan persahabatan juga berperan. Dari sanalah mindset terbentuk. Apa jadinya kalau orang tua, sekolah dan lingkungan justru membuat anda punya mindset follower, lemah kreatifitas, paranoid, pembenci dan anti perubahan. ?


Nah dalam buku Self induce and mind control oleh Gregory T. Peele, dijelaskan cara mencapai sukses dalam hidup dengan mengatur Pikiran, Kebiasaan, Tindakan Anda Melalui Pemrograman Diri Dan Self Hypnosis. Sebenarnya dalam diri manusia itu sudah disediakan Tuhan cetak biru kebaikan, kehebatan dan kekuatan termasuk untuk memprogram ulang diri . Jadi sebenarnya tidak sulit kita memperbaiki diri. Karena software nya ada pada diri kita.


Bagaimana melakukan program ulang diri ? Pertama, anda harus paham apa itu tujuan dan apa itu metodelogi. Nah disini anda harus punya kemampuan literasi dan kebiasaan membaca. Contoh, agama itu metodelogi mencapai nilai spiritual, bukan tujuan. Jadi jangan dihapal agama itu, tetapi dipahami untuk jadi program dalam membentuk mindset. Idiologi itu metodelogi membangun nilai nilai kebangsaan, bukan tujuan. Jadi jangan cinta buta dengan idiologi, tetapi dipahami bahwa idiologi itu bertujuan mencapai kebersaman dan persatuan untuk kebaikan dan kebenaran.


Kedua, pentingnya kebebasan berpikir, yang bisa membedakan mana metodelogi dan mana tujuan. Orang china memandang pelajaran sekolah, idiologi, agama hanyalah metodelogi mencapai tujuan. Makanya mereka engga pusing walau hanya ada satu partai komunis. Engga pusing siapa presiden. Engga pusing dengan urusan keyakinan beragama orang lain. Engga pusing dengan titel. Kan hanya metodelogi , bukan tujuan, bukan hal esensial, ngapain dipersoalkan.


Di China, di era presiden Hu Jintao, pendidikan luar sekolah diakui sejajar dengan pendidikan formal. Sehingga orang belajar di sekolah motif nya ya murni untuk belajar. Gimana belajarnya ? china menghapus program hapalan yang menentukan salah benar. Makanya di china ujian sekolah lebih banyak menggunakan essay daripada multiple choice. Nilai dan rangking ijasah dihapus. Mengapa ? reformasi pendidkan di china orientasinya adalah mengarahkan orang untuk mampu memprogram dirinya sendiri. Jadi, kehormatan akan kebebasan berpikir itulah yang dibangun di sekolah.


Ketiga, hapus dogma “ kamua salah. Kamu benar”. Salah dan benar itu relatif. Ukuran bukan dari orang lain tetapi kembali kepada diri kita sendiri. Apa yang baik untuk kita pasti datang dari Tuhan, maka kerjakan dengan sungguh sungguh. Jangan biarkan persepsi anda di create orang lain. Jangan! Hidup anda adalah takdir anda, dan anda sendiri yang merasakan, bukan orang lain. Misal, “ kamu harus jadi orang sholeh, rajin ibadah, rajin bersedekah” Kalau anda bergaul ekslusif, pasti bokek, maka sholeh itu bikin frustrasi, ibadah itu halu doang. Sedekah, itu omong kosong. Berpikir terbuka, Engga bokek, maka sholeh, ibadah, sedekah menjadi tujuan anda.

Nah apabila anda sudah mampu memprogram diri anda sendiri maka anda telah menjadi diri anda sendiri. Sudah berhasil menjadi pemimpin atas diri anda sendiri. Jadi, engga mungkin gampang di PHP. Engga mungkin gampang baper dan engga mungkin gampang jadi follower buta. Engga mungkin mudah mengeluh. Sehingga engga mungkin orang lain gampang menggiring anda jadi korban MLM. Kesimpulannya, program pendidikan adalah melatih orang untuk punya kemampuan memprogram dirinya sendiri. Menjadi manusia yang bisa membentuk dirinya sendiri, yang mandiri, kreatif, inovatif, tangguh, pasti engga bokek


Comments

Popular posts from this blog

Keterpurukan ekonomi AS

Pria itu

Harapan ...