Wednesday, October 13, 2010

Keberadaan Tuhan

Teman saya di Hong Kong, dia punya peruahaan yang terdaftar di New Jersey AS. Ini hanya paper company yang digunakan sebagai vehicle untuk melakukan settlement investasi. Pada kartu namanya tertulis nama perusahaan lengkap dengan alamat dan nomor telp berserta Fax. Semua nomor telp itu ber code negara bagian AS. Ketika saya menelphonenya pada nomor itu, dia menjawabnya dari apartementnya di Hong Kong. Dia tidak pernah mendatangi Kantor Telphone di AS untuk mendapatkan nomor telp. Kalau anda cari di buku telp di AS, nama perusahaannya tidak akan ada. Tapi nomor itu exist dan dapat dihubungi kapanpun. Itulah kemajuan IT. Ini berkat adanya tekhnologi Skype yang di create pada tahun 2003. System ini di kembangkan oleh Estonia yang dimotori oleh Ahti Heinla Priit Kasesalu dan Jaan Tallinn. Tapi ide itu berasal dari pengusaha Swedia Niklas Zennström dan Dane Janus Friis.

Ketika dalam perkembangan pesat , Skype telah berpindah tangan ke eBay dan terakhir eBay melepas saham 70% sahamnya kepada konsorsium Silver Lake Partners, CPPIB, Andreessen Horowitz, dengan nilai USD 2,7 billion atau kurang lebih Rp. 25 triliun rupiah. Pada tahun 2010, sebuah laporan oleh TeleGeography hasil penelitiannya menyatakan bahwa telephone Skype-to-Skype menyumbang 13% dari semua menit panggilan internasional pada tahun 2009. Dari 406.000.000.000 menit panggilan internasional total 54 miliar digunakan oleh Skype. Jumlah pelanggan pada tahun 2009 mencapai 521 juta. Tak bisa dibayangkan, bagaimana hanya dalam jangka waktu 7 tahun perusahaan ini telah menguasai komunitas lebih dari setengah meliar penduduk planet bumi. Mereka yang tergabung dalam keanggotaan skype adalah kelompok menengah, yang punya computer, punya HP dan tentu punya credit card untuk membayar berbagai fiture layanan yang tidak gratis.

Apakah Skype hanya berpuas diri dengan komunikasi suara. Tidak ! Skype juga menawarkan komunikasi suara dan gambar ( Video Conference ) dalam single atau group. Anda di Jakaraa, relasi business anda di China, satunya lagi di AS, Jepang, dapat saling berkomunikasi layaknya rapat dalam dunia cyber. Dalam group konference , semua tampil secara visual lewat skype. Dunia terasa dekat. Dengan memanfaatkan komunitas yang begitu besar, Skype juga meluncurkan fiture layanan transfer uang sesama anggota. Ini menggunakan tekhnologi dan clearing house dari eBay. Maka skype sudah menjadi jaringan komunikasi sosial dan business yang lengkap , efisien dan efektif. Dan yang pasti inilah jaringan komunikasi global yang tak perlu berpusing pusing membangun jaringan kabel fibre optic atau meluncurkan satelit seperti business Telekomunikasi. Ketika kebanyakan perusahaan telekomunikasi mengurangi karyawannya, namun skype terus menambah karyawannya.

Suka tidak suka , keberadaan skype telah membuat dunia begitu dekatnya. Tak ada lagi jarak dan batas untuk orang berinteraksi. Telah berperan significant mereduksi bisaya telekomunikasi dunia. Di banyak negara maju, para pebisnis sudah jarang bertemu tatap muka kecuali untuk hal yang sangat penting. Saya punya relasi yang mempercayakan uangnya sebesar USD 500 juta , tidak pernah bertemu secara phisik kecuali lewat skype. Untuk semua urusan settlement diselesaikan lewat para lawyer dan fund managernya yang bertindak sebagai wakilnya. Menurutnya dia beralamat di Dubai tapi dalam dunia yang serba cyber ini , saya tidak peduli soal dimana alamat orang, dimana kantornya. Karena itu bisa di create dan mungkin ketika dia berbicara dengan saya , bukan tidak mungkin dia sedang berada sebuah hotel disamping gedung kantor saya.

Seorang sahabat saya di dunia Maya (facebook ) menulis dalam message nya " walau belum sempat bertemu dengan bapak namun dari tulisan bapak saya sudah seperti bertemu bapak". Ya,walau kita tidak pernah bertemu phisik dengan ALlah tapi kita mengenal ALlah dari sabdanya didalam Al Quran. Anda merasa puas mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman anda lewat facebook tanpa harus hadir ditempatnya secara phisik. Anda merindukan pacar atau suami atau istri, tidak perlu lagi harus kelelahan menantikan kedatangannya didepan pintu. Dengan jaringan sosial internet, lewat WAP HP dalam hitungan detik ketika anda mengetik pada wall post facebook kekasih anda ”hi , sayang ” kekasih anda akan segera menjawab ” I miss you so much. ” andapun akan puas. Ya puas untuk suatu keyakinan yang invisible.

Dengan adanya teknologi jaringan sosial internet, seperti Facebook, Skype, Myspace, Twitter dll, kita sampai pada puncak kebudayaan akhir zaman bahwa pada akhirnya sesuatu yang virtual tak seharusnya tampil phisik secara materi. Dari tekhnology cyber tanpa terasa kita sendiri sudah membenarkan tentang eksistensi Tuhan yang tak membutuhkan kehadiranNya secara phisik untuk dipercaya dan disembah. Sebuah Keyakinan sebelum ada teaknologi IT telah membuat kita terpuaskan dan menetramkan. Pada akhirnya kehebatan akal kaum orientalis justru membenarkan keberadaan Tuhan. Tapi mereka masih saja meragukan Tuhan.

No comments:

Magic Word

  Waktu saya pergi merantau. Setiap bulan pasti surat ibu saya datang. Walau saya tidak kuliah. Pekerjaan tidak tetap. Tetapi tidak pernah i...