Friday, March 03, 2023

Takdir kita.

 




Tadi sore sahabat saya datang bertamu ke rumah.  Saya sudah lama tidak jumpa. Terakhir jumpa sebelum Pilpres 2014. Walau kami pernah belajar tasauf pada guru yang sama. Tapi pernah tahun 1983 ikut sembunyi sembunyi diskusi buku Bumi Manusia atau Rumah Kaca di Gedung Stovia, Senen. Pernah sama merasakan dinginnya penjara paska tragedi  Tanjung Priok 1984. 


Namun kini kami berbeda pilihan. Pilihanya kepada Prabowo. PKS Partai pilihannya. Saya pilih Jokowi dan PDIP tempat saya berlabuh. “ Kita ini lucu. Kita pernah sama belajar tasauf, pernah gandrung dengan Marhaen Soekarno. Pernah jadi pemberontak. Tapi akhirnya berbeda jalan” Katanya mengawali obrolan.


“ Menurut saya tidak ada yang berbeda. Esensinya sama. Islam dan Marhaen, punya kesamaan prinsip. Sama sama membela kaum tertindas. Ketika kita diskusi tentang Marhaen, Surat Al Maun kita jadikan rujukan. Kemanusiaan kita semakin bertambah. Setelah kita membaca roman Pram, Tauhid kita  maknai mencintai keadilan dan kemanusiaan. Karena itu aqidah kita semakin kokoh. Tak lekang karena panas, tak lapuk karena hujan. “ Kata saya.


“ Tapi, bro. Hati hati kamu bersikap. Aqidah kamu bisa sesat. Islam ya islam. Tidak bisa disamakan dengan Marhaen. Beda sekali.” Katanya tegas. Saya tersenyum.


“ Ingat engga waktu kita belajar tasauf. Musa berkata kepada bani Israil bahwa dia yang paling tahu. Allah tegur, yang paling tahu itu bukan Musa tetapi Allah.  Kemudian karena itu Musa dimita bertemu dengan Khaidir. Setelah itu apa yang dia pahami secara akal dan agama, ternyata semua salah. “ kata saya bersilat argumen.


“ Loh kita kan manusia. Kita paham dan bersikap hanya menyangkut hal yang zahir saja. Yang lain cukuplah Allah tahu.”  Sanggahnya.


“ Yang zahir itu bukan hanya tersurat. Firman Allah itu disebut ayat  qauliyah, itu yang tersurat hanya secuil saja. itu sama dengan air yang diteguk seekor burung diatas samudera luas.  Sementara yang tidak tertulis adalah ayat kauniyah, itu jauh lebih banyak. Kemanapun wajah kamu hadapkan, terdapat ayat ayat Tuhan. Itulah sains yang harus kita gali agar semakin kuat keimanan kita”  Kata saya seraya menyediakan minuman di atas meja.


“ Kamu tahu, kesalahan peradaban sekarang karena agama tidak lebih dulu dijadikan pondasi. Akibatnya apapun jadi lemah. Mudah sesat. “ katanya mulai ngegas. 


Entah apa yang merasuki hatinya sehingga dia berubah radikal.  Saya tersenyum menatapknya. Saya menghela napas. “ Bro “ seru saya. “ ingat engga waktu kita di kampung dulu. Orang tua tua kita bangun rumah. Mereka tidak bangun pondasi dulu. Mereka bergotong royong bangun rangka, atap, dinding dan tiang. Setelah  rumah utuh jadi, mereka gotong rame rame rumah yang sudah jadi itu untuk didudukan diatas tanah. Apabila sudah disepakati tempat dudukan. Maka pondasi dibuat sesuai dengan tekstur lahan. Lahan lereng bukit tentu beda pondasinya dengan yang datar. 


Itulah budaya kita.  Begitulah agama dimaknai.  Budaya lebih dulu dibangun, barulah agama dijadikan tempat dudukan. Artinya penerapan agama yang benar itu harus tidak berlawanan dengan budaya yang ada. Nah islam itu diterapkan oleh para ulama pada awal diperkenalkan sesuai dengan kearifan lokal. Akibatnya walau ratusan tahun kita dijajah Belanda, islam tetap mayoritas di Indonesia. Orang tidak mau pindah agama, bukan karena faktor keimanan. Tetapi ikatan budaya. Budaya malu. Dia malu bila pindah agama. Paham kau? Kata saya.


“ Ya budaya itu harus diubah. Itulah perjuangan islam” Dia tetap ngegas dengan sikapnya.


“Sebelum agama diperkenalkan, budaya sudah lebih dulu ada. Bagaimana kamu akan mengubahnya. Budaya itu takdir kita. Kalau kamu paksakan, akan menimbulkan padadox. Orang beragama tapi tidak beradat. Sholat, ngaji, puasa taat tapi kepada yang berbeda marah terus, emosian terus. Kadang terprovokasi jadi teroris. 

Dalam lingkup sosial dampaknya luas sekali,  politik tanpa prinsip, kekayaan tanpa kerja keras, perniagaan tanpa moralitas, kesenangan tanpa nurani, pendidikan tanpa karakter, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, dan peribadatan tanpa pengorbanan.  “


“Ah terus terang aja. Kamu mau bilang apa sih pening saya? Katanya kesal. Saya minum kopi seteguk. Kemudian dengan hormat saya berikan kepada dia kopi yang sudah saya teguk itu. “ Ah jangan becanda kau. Kok kasih saya kopi bekas kau minum” katanya merengut.


“ Mengapa ? apakah kopi itu haram? sergah saya.


“ Ya tidak. Tetapi engga sopan aja kasih kopi ke tamu yang datang ke rumah” 


“ Oh kamu tersinggung. Soal kepantasan dan sopan santun. Ya kan.”


“ Ya benar lah”


“ Itulah budaya.” Kata saya tersenyum “ alur dan patut. Walau kata agama halal namun kalau tidak patut, tak elok jadinya, ya kan ?


“ Oh…” dia tertegun. 


“ Jadi mengapa PKS, PAN, engga pernah bisa menang lawan PDIP dan PKB?  Karena PDIP dan PKB menerapkan islam dalam kerangka budaya. Akibatnya  hubungan idiologi dan islam menjadi satu. Mereka terus berkembang, bukan karena pemilihnya takut neraka atau berharap sorga. Tetapi karena agama berkata, budaya menerapkan.  Jalinan yang indah. “ Kata saya tersenyum.


Dia tertegun


‘’Kau terpelajar, cobalah untuk bersetia pada kata hati.” Kata saya.  


Dia tersenyum. 


“ Ah aku ingat itu kalimat dari Roman Bumi Manusia. Setelah berbagai tantangan yang dihadapi, Minke kembali bersekolah dan dia akhirnya juga menikah dengan Annelis dan menikah secara Islam. Ya kan “Katanya tersenyum.


“ Ya galilah ilmu apa saja. Bergaulah dengan siapa saja. Jangan disekat hidup ini oleh agama, etnis, bangsa. Perluaslah cakrawala, namun tetap islam di hati kita. “ Kata saya.


“ Tapi…” Serunya.


“ Jangan takut dicap sesat. Dalam hidup cuma satu yang kita punya,  yakni ’’keberanian’’. Kalau tidak punya itu lantas apa harga hidup kita ini? Beranilah ber-itjihad dengan niat baik. Hiduplah berakal agar mati beriman. Jangan jadi follower bigot. Kasihan kedua orang tua kita yang membesarkan kita. Kalau pada akhirnya kita jadi follower untuk kepentingan orang lain“ kata saya dengan bijak. Mata saya menghujam matanya.


“ Oh ya siapa nama Amoy yang sering temani kamu diskusi di gedung Stovia tahun 1983 ?  katanya tersenyum sepertinya tidak mau terus berdebat dengan saya.


“ Florence. “ 


“ Cantik kali tuh Amoy. Putih banget. Aneh kenapa dia suka dengan kamu yang jelek? 


“ Itu berkah anak soleh. Hidup berakal mati beriman.” kata saya tersenyum. 


“ Mengapa tak jadi kau nikahi dia. Apalagi kau sudah tinggal bersama lebih 1 tahun”


“ Walau hati bertaut tapi jodoh yang tak sampai.”


“ YA kenapa tak sampai  ke pelaminan?


“ Hanya Tuhan yang tahu. Kami hanya ikhlas saja. "


“ Apa makna cinta bagi mu?

“ Memberi..."

No comments:

HAK istri.

  Ada   ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh da...