Monday, March 06, 2023

Bahaya Hedonisme




Seorang filosof Friedrich Nietzsche mengatakan bahwa orang yang paling hina adalah mana kala dia dikalahkan oleh keinginannya sendiri. Orang yang memperturutkan keinginannya dia sebut ‘ the last man” etos hedonisme. Pemikiran Nietzsche tentang Manusia ia uraikan dengan sangat meyakinkan dalam Schopenhauer sebagai Pendidik (2015). Bahwa nilai diri tertinggi adalah antitesis dari hedonism: berjuang mengalahkan diri sendiri dan berani berbeda ditengah lingkungan yang hedonism.


China melarang gaya hidup hedonisme di media sosial mungkin terpinspirasi pemikiran Nietzsche. Bahwa melarang hedonism adalah upaya menjaga martabat budaya dan masyarakat itu sendiri. Mengapa ? hedonisme ini memiliki efek yang berpotensi membahayakan etos kerja positif dan standar moral, dan ini berdampak serius terhadap perkembangan mental manusia modern. Mungkin anda mengerutkan kening. Ok saya jelaskan sederhana.


Pertama. Efek eksibisionistik yang ditampilkan secara vulgar lewat media sosial berbasis foto, video, hasilnya adalah kesenangan narsistik fana yang berasal dari memamerkan diri sendiri dan memperoleh penegasan yang dirasakan orang lain.  Ini akan mempengaruhi orang lain, yang tadinya tidak ada inginan timbul keinginan meniru, dan setelah ditiru dampak narsistik lebih buruk, tak terkendali. Bahkan engga ada yang bisa ditampilkan, maksakan diri biar tampil hebat. 


Teman saya sempat hampir pecah rumah tangganya karena istrinya terlilit utang. Apa pasal?. Itu efek dari unsur voyeuristik. Hanya karena istrinya liat tampilan temannya di Istagram mengenakan tas hermes keluaran terbaru dan sepatu Red Christian Louboutin keluaran terbaru. Istrinya terbang ke Eropa hanya untuk beli dua benda itu dan photo di depan outlet di Swiss untuk ditampilkan di istagram dan facebook.  Kalau suaminya PNS mungkin terpaksa korup untuk penuhi keinginan istrinya. Berujung penjara. Kalau suaminya pengusaha, mungkin terpaksa pakai uang perusahaan dari utang bank untuk bailout utang istri. Akhirnya berujung default utang.


Kedua. Melihat gambar-gambar dan video diri yang keren di sosial media menimbulkan sensasi kesenangan yang halus, yang pada akhirnya disesuaikan oleh otak untuk diharapkan, yang mengarah pada keinginan yang tak sudah. Dengan demikian, terus-menerus  berusaha memuaskan keinginan untuk kesenangan dan tentu akhirnya jadi korban barang bermerek, dan korban bisnis ponzy.


Saya tidak punya sesuatu yang harus dibanggakan untuk ditampilkan secara vulgar. Tidak punya kendaraan mewah, rumah mewah. Saya bekerja keras untuk keluarga, bukan untuk memuaskan keinginan dan kebanggaan di hadapan keluarga, apalagi orang lain. Tetapi karena kebutuhan akan tanggung jawab. Saya masuk dalam dunia business bukan untuk keinginan berbangga di hadapan publik agar dianggap tajir. Tapi bagian dari tanggung jawab kepada stakeholder. 


Selagi saya bisa delivery semua kebutuhan keluarga dan stakeholder business, cukuplah sebatas itu saja. Mengapa ? Pada akhirnya saya menemukan satu-satunya alasan untuk hidup adalah untuk bersukur. Caranya ? rendah hatilah. Hiduplah sederhana.  


***


Sebelum tahun 2013  business trip saya padat sekali. Kadang dalam 10 hari saya mengunjungi 8 negara. Dalam setiap kunjungan saya harus tinggal di hotel. Kadang saya hanya check in sekedar ganti baju. Kemudian setelah meeting saya terbang lagi ke negara lain.  Misal, pagi dari Hong Kong saya terbang ke Beijing. Jam 3 sore saya terbang ke Seoul. Selesai meeting saya terbang ke Tokyo. Besok paginya setelah meeting saya terbang ke Taipeh. Dari Taipeh saya terus ke London. Hanya semalam di London saya teruskan ke Bangkok. Sehabis makan malam di Bangkok dengan mitra saya, saya terbang ke Sanghai. Terakhir kembali ke Hong Kong. Itu 11 hari business trip.


Yang jadi kendala adalah pihak kantor mengelola jadwal terbang saya. Karena jadwal saya kadang mendadak berubah. Kawatir soal kamar hotel yang tak terlalu tersedia kalau tidak booking lebih dulu. Dan juga pesawat tidak selalu tersedia sesuai jadwal saya . Dulu belum ada Traveloka.  Jadi bagaimana agar saya bisa mobile tanpa kendala. ? Pertama agar selalu tersedia kamar hotel. Saya beli time share. Artinya saya kontrak dengan jaringan hotel international seperti sheraton, Mandarin. Saya bayar sewa kamar setahun sekaligus. Jadi kemana saja tempat saya kunjungi selagi ada jaringan hotel itu saya bisa masuk tanpa perlu booking terlebih dahulu.


Apakah rugi dan pemborosan? tidak juga. Karena ketika peak season atau musim liburan, harga kamar melambung tinggi. Nah time share itu saya jual, Saya dapat untung. Selisih jual ketika peak season dan pembayaran sewa kamar setahun, kadang saya malah untung. Maklum harga time share adalah diskon sampai 40%. Harga peak season bisa 4 kali dari harga resmi. 30 hari musim liburan itu bisa buat saya pulang modal, bahkan untung. Artinya saya gratis tidur di hotel bintang lima selama business trip.


Gimana dengan pesawat? saya gunakan kartu AMEC Centurion black card. Saya tidak apply. Dapat Card berdasarkan invitation. Jadi saya engga kena limit atas dan bawah. Dapat diskon tiket first class dengan harga tidak jauh beda dari Economi class. Kalau saya hendak ubah jadwal penerbangan dan ingin cepat terbang. Saya tinggal telp Centurion. Mereka beri fasiltitas priority dapatkan ticket dengan cepat. Bahkan mereka beri pasilitas sewa private jet kalau saya mau. Itu hanya hitungan menit pesan via telp.  Semua mereka atur. Semua barang bermerek saya dapat diskon sampai 70a%. Mengapa ? Produsen ingin saya  jadi etalage berjalan. Dan itu tidak perlu bayar kontan. Mereka hanya akan tagih kalau saya mau bayar. Kalau belum mau bayar, mereka engga akan tagih. Sabar banget.


Gimana pakaian suite dress?. Saya tidak perlu keluar uang USD 2000 untuk setelan jas seperti armany. Karena di setiap kota besar ada financial club, seperti Hong kong, London, Tokyo, Seoul, Shanghai, Beijing. Saya tinggal datang ke sana. Biasanya tersedia suite dress dari merek terkenal yang sengaja promo agar mereknya dipakai oleh pengusaha members Financial Club. Jadi gratis.  Selagi anda member private banking first class bank, sekedar  makan siang dan minum wine di financial club ya gratis.  Tahun 2017, saya dapat kiriman Black Card palladium. Itupun bukan karena apply tetapi given atas dasar undangan. Jadi saya tidak terikat batas atas dan bawah pemakaian.


Yang sangat indah dan nyaman, ketika kembali ke rumah, kembali ke habitat saya. Tidak terikat jaim dan jadwal. Bangun tidur sesuka saya dan pergi kemana saja sesuka saya. Karena hidup saya sederhana, saya bisa hidup disemua strata sosial. Orang suka dan tidak suka, engga penting bagi saya. Hidup saya tidak diikat oleh pujian dan tidak merana karena hinaan. Menjadi manusia freedom itu bukan berkah tapi pilihan. 


***


Saya pernah bertemu dengan CEO BUMN China. Saya menawarkan untuk makan malam di hotel bintang lima namun dia minta saya untuk makan malam direstoran hotel bintang 3. Acara makan malam itu berlangsung santai. Pejabat itu menggunakan pakaian sederhana dan hanya ada satu orang pendampingnya yang bertindak sebagai penerjemah. 


Ketika acara makan malam itu berlangsung dia selalu tersenyum kepada pelayan yang ada dibelakang kami. Saya anggap ini biasa saja. Maklum pelayan itu memang cantik dan pejabat ini suka kepada yang cantik. 


Ketika usai makan malam dia mengajak saya photo bersama dan memanggil pelayan restoran itu untuk gabung. “ Kenalkan ini cucu saya. Dia putri tunggal dari putra sulung saya. “ Katanya. 


Saya hampir tidak percaya. Bagaimana mungkin seorang CEO BUMN dengan asset diatas Rp. 100 triliun tapi cucunya bekerja sebagai pelayan restoran.


“ Dia baru tamat dari Academi Pariwisata. Dia sedang berproses diusia emasnya” Katanya lagi. 


Seakan meliat keterkejutan saya dia mengatakan " saya hanyalah pegawai negara. Kehormatan saya  terletak pada kerja keras dan amanah. Dan itu bisa diterima oleh keluarga saya. Itulah kebahagiaan yang luar biasa dimana kita diterima karena cinta bukan karena harta dan jabatan.


B, ketika kamu membangun harta atau jabatan demi membahagian anak dengan uang dan kemudahan. Maka sebenarnya kamu tidak sayang ke anak. Kamu predator terhadap keluarga. Karena uang dan kemudahan itu adalah toxin yang membuat mereka lemah jadi generasi lemah. Terlalu cepat naik dan mudah, itu akan membuat mereka lupa diri dan tidak tahu diri. Padahal tanggung jawab kita bukan mewariskan harta dan jabatan tetapi mewariskan etos kerja dan sikap rasa hormat atas dasar rendah hati, ya sikap egaliter..” Katanya.


Mereka yang diberi amanah akan harta atau jabatan, mereka punya tanggung jawab lebih besar terhadap generasi berikutnya. Ya Generasi yang mengutamakan kejujuran dalam berbicara, paling setia terhadap kebenaran dan kebaikan, paling menepati janji, paling bagus akhlaknya, dan paling khidmat kepada manusia…


No comments:

HAK istri.

  Ada   ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh da...