Tuesday, September 10, 2019

Jangan galau



Ada anak muda dalam keadaan galau datang ke saya. Saya nasehatkan hal yang sederhana. Hidup bukanlah hal yang harus ditakuti atau diresahkan terhadap yang belum terjadi. Relax saja. Lalui hari ini dengan sungguh sungguh. Setelah itu biarkan dan nikmati hidup selagi bisa di nikmati. Ajak keluarga bercengkrama. Hubungi teman untuk berbicara tentang hal yang ringan. Baca buku yang membuat pikiran lebih mudah mencerna apa yang tidak diketahui. Kalau banyak hal tidak mudah dipahami maka biarkan waktu yang akan membuat kamu paham. Mengapa ? 

Sekuat apapun kamu kerja, kegagalan dan keberhasilan akan selalu bersanding. Sekuat apapun kamu menjaga harta, harta tetap akan lepas entah bagaimana caranya. Sekuat apapun kamu menjaga keluarga, bila harus pergi mereka akan pergi juga tanpa kamu bisa menahannya. Bahkan sekuat apapun kamu menjaga kesehatan, bila datangnya maut , kamupun tidak bisa menahannya. Lantas mengapa harus berpikir keras dengan mengkawatirkan sesuatu yang membuatmu rumit. Hidup ini tidak rumit. Sangat mudah asalkan kamu sadar bahwa hari esok bukan milik kamu tapi milik Tuhan. Berkah kehidupan adalah hari ini. Dan hari ini adalah diri mu yang ceria menerima dan kalau bisa berbagi.

Mungkin ada di benak kamu tetang apa yang seharusnya terjadi tapi mengapa tidak terjadi. Kamu terus mengutuk keadaan. Mengapa harus orang yang menurut kamu beriman ala kadarnya jadi pemimpin. Mengapa orang kafir  seperti Hartono boss Djarum kaya dan kamu orang beriman dijauhkan dari harta. Mengapa ketidak adilan menurutmu terus terjadi. Mengapa selalu ada orang jahat dengan mudah berbuat maksiat sementara orang baik terlalu sulit berbuat baik. 

Mengapa orang yang berwajah biasa saja mendapatkan suami yang baik dan kamu justru ditendang suami. Mengapa kamu terus kekurangan uang dan orang lain selalu serba cukup. Mengapa kamu belum dapat jodoh sementara orang lain begitu gampang dapat jodoh. Mengapa ? Mengapa ? Petanyaan itu akan panjang bila terus di cari cari.

Hidup bukanlah mempertanyakan kejadian tapi mendapatkan hikmah dari setiap kerjadian. Itu adalah cara Tuhan berdialogh dengan kamu. Perhatikanlah, sebaik apapun kamu kepada orang lain, orang lain akan mudah berbuat jahat kepadamu. Sejahat apapun kamu kepada orang lain, akan selalu ada orang baik untuk mencintaimu. Sebaik apapun kamu kepada sahabatmu, akan selalu ada teman palsu. Sebaik apapun kamu kepada keluarga , akan selalu ada moment kamu merasa tidak dihargai keluarga. Sebaik apapun kamu kepada orang lain akan selalu ada orang merendahkanmu. 

Hidup akan selalu begitu. Karenanya tidak harus menilai dan bertanya mengapa ? Lalui sajalah hidup ini dengan irama yang kamu suka. Pilih iramanya dan nikmati. Namun pastikan orang lain senang, atau kalau tidak bisa menyenangkan orang lain maka pastikan orang lain tidak kecewa denganmu. Andaikan orang lain tetap kecewa juga maka terima saja dengan santai. Tidak usah disikapi berlebihan. Karena pada akhirnya orang lain tidak berubah karena sikapmu. Tapi orang lain berubah karena Tuhan. Dan kamu bukan Tuhan. Anak ku, santai aja. Jangan terlalu stress bila keadaan tidak seperti yang kamu suka. Lalui sajalah hidup ini. 

Apapun yang ada di hadapanmu maka jadikanlah itu kesempatanmu untuk menjalani berkah kehidupan yang Tuhan beri. Ada lowongan kerja, bekerjalah dengan baik. Tak ada lowongan, ketemu tanah, maka bertanilah dengan baik. Bertemu tambang, jadilah penambang yang baik. Bertemu pasar, berdaganglah. Bertemu buku, bacalah untuk tahu. Bertemu orang yang cocok , berteman lah, dan kalau mungkin menikahlah, jadilah pasangan yang baik. Jangan terlalu keras dengan dirimu sehingga membuatmu stress. Cepatlah lupakan yang menyesakan dan temui hal hal baru setiap hari untuk kamu terus besyukur di setiap kesempatan.

Karena nak, dikehidupan ini..kamu meminta bunga, Tuhan sediakan Taman. Kamu minta air ,Tuhan beri kamu samudra. Kamu dahaga, Tuhan sediakan mata air yang terus mengalir. Kamu butuh kehangatan , Tuhan beri kamu matahari. Kamu butuh kehidupan ,Tuhan beri kamu udara untuk bernafas. Apalagi ? Just relax. Udahan stress. Bahagia itu mudah dan sederhana , dan itu ada didalam dirimu yang pandai bersyukur dan berprasangka baiklah selalu…Look at me. I am old but i am happy.

No comments:

Akhlak atau spiritual

  Apa pendapat bapak soal kenaikan pajak PPN 12 % “ tanya Lina. Peningkatan tarif PPN tujuannya tentu untuk meningkatkan penerimaan negara d...