Wednesday, May 13, 2015

Penuh kasih ...

Ketika di Bandara Hong Kong ,sambil menunggu boarding saya membeli secangkir Kopi di Starbuck. Didepan antrian saya ada sepasang manula.Mereka nampak gelisah karena tidak punya uang receh untuk membayar pesanannya. Credit card nya tidak berfungsi. Saya yakin ini kesalahan sistem sehingga credit card nya tidak bisa settle. Karena saya liat dia menggunakan Black Card dari bank papan atas. Tidak banyak orang memiliki CC seperti mereka. Namun dari wajah yang nampak bingung.Serta merta dengan tersenyum saya mengatakan kepada pelayan startbuck bahwa pesanan mereka saya yang bayar. Sang Ibu menoleh kebelakang meliat saya.,dia tersenyum begitu juga suaminya.Entah kenapa secara bersamaan mereka merangkul saya. Sangat menyentuh sekali dekapan mereka. Mereka berasal dari Iran. Sang bapak bercerita bahwa dia pemilik perusahaan kontruksi dan mempunyai 9 anak. Mereka berharap kalau saya ke Teheran jangan tidur di hotel, tapi tidur dirumah mereka. Ada 9 kamar sekarang yang kosong,katanya. Kita muslim, sesama muslim kita bersaudara. Nak kamu telah melaksanakan hadis Rasulullah bahwa membantu orang yang kesulitan , maka Allâh SWT memudahkan baginya di dunia dan akhirat. Ketika kamu menolong kami,sebetulnya kamu sedang menolong dirimu sendiri untuk selamat dunia dan akhirat. Demikian katanya. Ya benar adanya bahwa sesungguhnya perbuatan baik itu memilki keutamaan yang besar dan manfaat yang agung, semuanya itu kembali kepada orang-orang yang berbuat kebaikan.

Saya teringat Ibu saya pergi kepasar untuk berbelanja harian. Uang sisa belanja yang seharusnya digunakannya untuk naik beca, beliau berikan kepada pengemis buta yang ada dipojok pasar dan beliau merasa bahagia karena itu walau harus jalan kaki. Tuhan itu maha adil terutama kepada siapapun dan karenanya Allah meminta kita yang beruntung untuk menebarkan kasih sayang Allah itu lewat berbagi. Bayangkanlah , kita menjadi wakil Allah untuk menunaikan keadilanNYa kepada yang duafa.Tidak ada balasan lain kecuali cinta Allah yang akan kita dapat. BIla cinta Allah telah sampai maka hidup kita akan diliputi kasih yang melimpah.Kita selalu lapang baik dalam  pikirian mapun hati. Itu sebabnya  saya terharu ketika melihat ART dirumah Putra saya. ART itu agak invalid. Dia masih bisa bekerja walau tidak semua bisa dikerjakannya. Tapi putra saya dan istrinya menerimanya dengan kasih sayang. Mereka sangat memaklumi kekurangan ART nya. Saya tanya kepada mantu saya mengapa memlih ART yang invalid.Jawabnya, dia anak yatim piatu pah, keluarganya juga miskin. Kami ingin dia menjadi bagian dari keluarga kami. Kami menggajinya tidak berbeda dengan ART yang normal. Nak, ketika kau mendapatkan titel Sarjana sampai magister, papa biasa saja...Tapi dengan sikapmu ini papa benar benar terharu dan bangga. Tahukah kamu nak, doa papa selalu agar kau mencintai mereka yang lemah , agar kau tidak cap Allah sebagai pendusta agama. Papa tidak bisa membayangkan hidupmu akan jadi apa bila kau dicap Allah sebagai pendusta agama.

Diantara keistimewaan yang dimiliki ummat Nabi Muhammad SAW adalah bahwa Allah SWT telah menjadikan keutamaan yang besar dan keistimewaan yang mulia bagi seorang muslim yang berbuat baik kepada sesama muslim, menolong orang yang bersedih karena tertimpa musibah, berusaha memenuhi kebutuhan orang lain dan memberikan manfa'at kepada kaum muslimin Rasul Sabda" Semua makhluk adalah tanggungan Allah SWT, dan yang paling dicintai diantara mereka oleh Allah adalah yang paling bermanfa'at kepada tanggungannya (menjamin kehidupan orang lain). Mengapa ?  hakikatnya semua makhluk adalah orang-orang fakir yang menjadi tanggungan Allah, karena Allah lah yang mencukupi kebutuhan mereka. Diantara keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW adalah dianjurkan memperbanyak bersedekah, karena bahwasannya orang yang bersedekah akan berada dibawah naungan sedekahnya pada hari kiamat nanti, dimana pada saat itu tidak ada naungan yang dapat melindungi seseorang dari panasnya matahari, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits “Setiap orang akan berada dibawah naungan sedekahnya hingga ia diadili dihadapan semua manusia”

Ya Agama kita mendidik kita dengan baik. Bahwa sesungguhnya Allâh menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang. Kemudian barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. Nak, ketika kau memiliki cinta maka kau akan enggan untuk berburuk sangka dan senang berbagi. Karena cinta itulah hakikat kita diciptakan Allah, pahamkan sayang. Dan kau tahu Nak, kau kami besarkan dengan cinta dan seharusnya cinta juga kau tebarkan. Yakinlah,nak, ,melndungi mereka yang lemah akan membuat yang sempit jadi lapang, yang sulit jadi mudah, blla kurang Allah akan cukupkan..Karena kau telah melakasanakan keadilan Allah kepada mereka yang lemah..

No comments:

Bencana itu karena Tuhan murka?

  Tahun 2008 atau tepatnya 14 Mei saya mendengar kabar dari berita TV terjadi gempa di Sichuan China. Saya teringat dengan sahabat saya yang...