Saturday, November 17, 2012

Gaya hidup ?


Orang yang pandai menjaga kesehatan adalah orang smart. Menjaga kesehatan lebih baik daripada berobat untuk sehat setelah sakit. Sahabat  saya yang berusia 60 tahun nampak sehat. Menurutnya bahwa hampir tidak pernah dia sakit. Tapi bukan berarti kesehatan itu didapatnya dengan mudah. Ini perjuangan yang berat. Dia harus mampu mengendalikan nafsunya dan menjaganya dengan disiplin. Nafsu berhubungan dengan gaya hidup.  Sumber penyakit lebih kepada  gaya hidup itu sendiri. Banyaknya kematian akibat penyakit jantung, diabetes, kolestrol, asam urat, AIDS, Kanker dan lain hanyalah dampak dari gaya hidup yang salah. Kadang dengan keyakinan kemampuan financial yang kita punya , kita memanjakan diri untuk berlaku apa saja yang menyenangkan diri. Kita tidak kawatir penyakit datang karena ada uang atau asuransi untuk membayar biaya berobat. Padahal berobat bukanlah solusi kesehatan tapi hanya menunda saja. Bila sakit datang itu tandanya kita telah merusak system yang ada dalam tubuh dan jiwa kita. Dampaknya adalah kita menderita karena itu. Orang china mengajarkan cara sederhana untuk mendeteksi kita sehat secara lahir batin. Caranya adalah dengan mengetahui soal kebiasaan kita makan, tidur dan BAB

Setiap orang butuh makan untuk hidup. Segala effort manusia dibidang apapun pasti berujung kepada kebutuhan akan pangan. Menurutnya bila selera kita mudah sekali untuk menelan semua makanan yang tersedia maka itu tandanya kita sehat secara phisik. Tapi secara batin harus dilihat apakah kita makan terlalu kenyang atau sekedarnya. Bila kita cenderung makan untuk terpuaskan semua selera maka itu tandanya batin kita tidak sehat. Harus hati hati. Karena makan yang berlebihan karena dorongan jiwa akan menimbulkan penyakit generative seperti diabetes, kolestrol dan asam urat. Ketiga penyakit itu berujung kepada penyakit jantung. Tubuh kita tidak butuh banyak makanan untuk bisa berfungsi. Sekucupnya adalah lebih baik daripada berlebihan. Jadi seharusnya makan karena kebutuhan biologis dan bukan selera, untuk itu tidak perlu harus kenyang. Umat islam diajarkan untuk hanya makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dengan demikian komposisi air , makanan , udara dalam lambung menjadi seimbang.  Dan proses pencernaan akan berlangsung dengan baik. Disamping itu secara kejiwaan kita terlatih mampu mengendalikan nafsu untuk kesehatan lahir dan batin.

Setiap manusia butuh istirahat. Cara istirahat yang paling  efektif adalah tidur. Karena ketika tidur terjadi proses detox dan regenerasi sell dalam tubuh kita. Namun tidurpun tidak sesuka kita atau berlebihan. Bila kita mudah terkantuk dan tertidur maka itu tandanya ada masalah gangguan kesehatan dalam tubuh kita yang mungkin disebabkan kadar gula dalam darah tinggi. BIla tidur sulit sekali maka itu tandanya jiwa kita tertekan karena berbagai sebab. Menurut  the Journal of the American heart  Association bahwa kurang tidur membuat pembuluh darah mengerut,sehingga darah yang dipompakan ke seluruh tubuh menjadi berkurang. Dampaknya terhadap kesehatan tubuh karena kurang tidur adalah banyak sekali. Makanya dalam islam disunnahkan agar sebelum tidur kita berdoa kepada Allah. Sebelum tidur kita harus menyerahkan ruh kita kepada Allah untuk dipelihara dalam ketentraman untuk terbangun kembali. Bila jiwa kita tentram setelah berserah diri kepada Allah maka tidurpun akan mudah terlelap. Dan yang paling  penting bukanlah lamanya tidur tapi kualitas tidur. Artinya selama kita terlelap kita tidak pernah terbangun dan gelisah. Kita hanya bangun bila saatnya harus bangun dan tidak tidur lagi. Bila kualitas tidur bagus maka kualitas phisik dan jiwa kita juga baik.

Dapatkah dibayangkan apa yang terjadi bila setiap hari makanan masuk kedalam tubuh tapi sampahnya tidak bisa keluar. Proses defekasi atau BAB merupakan bagian dari sistem metabolisme, untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dan diserap oleh tubuh. Bila tidak dikeluarkan secara teratur, maka risikonya adalah penyerapan ulang dari sisa-sisa metabolisme yang umumnya bersifat racun bagi tubuh. Selama bisa teratur setiap hari, sebenarnya BAB tidak harus dilakukan pagi hari. Namun beberapa literatur khususnya dalam ilmu pengobatan China disebutkan, waktu terbaik untuk baik BAB adalah pukul 5-7 pagi saat meridian usus berada pada titik paling aktif. Kalaupun keluar BAB setiap hari namun tidak lancar maka itu tandanya ada masalah serius dalam pencernaan. Ingat bahwa sumber semua penyakit berasal dari perut. Mungkin proses yang salah ketika makan maka dampaknya kepada pencernaan kita. Makanya bila input nya terlaksana dengan proses yang baik maka output nya pun akan baik, dan keseluruhan menjadi sempurna.  Jadi bila BAB kita lancar maka itu tandanya kita sehat secara keseluruhan.

Kebiasaan makan yang baik akan menimbulkan tubuh dan jiwa yang sehat maka kitapun dapat menikmati suasana istirahat tubuh dengan nyamanpula. Proses ini berlangsung seumur hidup kita karena proses olah makanan selalu berujung dengan BAB yang teratur dan lancar. Ya amanah terindah dari Allah adalah diri kita sendiri. Dan Allah telah menurunkan agama untuk bagaimana akhlak kita bersikap terhadap hidup hingga tidak menimbulkan gaya hidup yang destructive.

No comments:

Bencana itu karena Tuhan murka?

  Tahun 2008 atau tepatnya 14 Mei saya mendengar kabar dari berita TV terjadi gempa di Sichuan China. Saya teringat dengan sahabat saya yang...