Sunday, November 14, 2010

Sholat ?

Manusia dan juga semua makhluk yang ada didunia ini terisolasi oleh ruang dan waktu. Tubuh makhluk hidup ( dari bersel tunggal sampai ke manusia ) dirancang sesuai dengan ruang dan waktu pula. Ilmu pengetahuan berhasil mengetahui hubungan waktu dengan biologi manusia atau disebut dengan Ritme Biologis. Ternyata aktivitas organ tubuh berproses dari level terendah sampai ke level tertinggi mengikuti aturan waktu yang tetap ( tidak berubah rubah ). Penyebab ritme biologis tersebut adalah Gen yang bernama Per, Tim Less, Gen ini dipengaruhi oleh faktor cahaya. Semakin terang cahaya maka akan semakin bertambah banyak, yang kemudian menyatu secara bersamaan. Melalui umpan balik, gen ini akan menghentikan aktivitas gen lain yang melahirkannya. Lalu gen gen itu saling memisahkan diri dan kembali melakukan aktivitas yang sama.

Ada pula dua gen yang dinamakan Clock dan Bmal yang menyatu dengan gen Per dan Tim Less agar bisa beraktifitas dan mngeporasikan jam biologis. Empat gen inilah yang menjadi pusat komando bagi jam biologis. Siklus gen ini dimulai pada pertengahan siang , kemudian berakumulasi dengan protein hingga sebelum fajar , lalu kembali memisahkan diri dan kembali melakukan hal yang sama. Sebuah penelitian ilmiah menemukan waktu waktu aktif itu. Ternyata waktu waktu atau ritme biologis itu bertepatan dengan waktu sholat. Ternyata sholat lima waktu itulah yang mengoperasikan siklus aktifitas seluruh organ tubuh. Subhanallah.Mari kita perhatikan jadwal sholat lima waktu, yang diawali dari sholat subuh, lohor, asyar, Maghrib, Isya.

Subuh. Pada waktu pagi ini, lapisan ozon sedang mencapai peningkatan yang sangat bermanfaat terhadap fungsi saraf dan memicu aktifitas berpikir. Pada waktu fajar datang, hormon kortizon yang berfungsi untuk melahirkan energi bagi tubuh manusia akan bertambah pesat jumlahnya, seiring meningkatnya tekanan darah. Kehadiran hormon kortizon ini dipicu oleh cahaya matahari. Cahaya matahari juga berperan meningkatan aktifitas Sympathetic yang menjadi perangsang hormon pemicu enegi, meningkatkan aktifitas penyaringan zat gula, menguraikan lemak dan protein, membantu tubuh untuk mendapatkan asam amino. Apabila orang melakukan sholat subuh diawal waktu dengan benar tentu matanya akan terus terbuka karena energi tubuhnya dalam posisi prima untuk mencari rezeki Allah. Dan apa jadinya bila manusia tidak sholat dan bangun diwaktu fajar maka akan terjadi delay system organ tubunya. Dia lemah dan malas.

Lohor. Hormon kortizon mengalami penuruan jumlah sampai pada titik terendah. Sementara kadar hormon testosterone mencapai puncaknya. Kadar hormon adrenalin semakin meningkat dengan semakin meningkatnya aktifitas jantung Rasa lapar yang menimbulkan tegang. Dapat dibayangkan ketika hormon kortizon menurun sementara aktifitas organ semakin meningkat. Secara biologis kita otomatis lelah. . Pada saat inilah sholat lohor sangat berperan memberikan relaksasi pada organ tubuh yang sedang dalam taraf kelelahan. Makanya Nabi menyarankan agar setelah sholat lohor untuk kita tidur barang sejenak.

Ashar. Dari lohor sampai masuknya Ashar produksi hormon adrenalin semakin meningkat. Jantung kita sampai pada tahap sangat lelah. Sholat Ashar bertujuan untuk menciptakan relaksasi organ jatung dari kelelahan itu. Jadi walau waktu ashar ini sangat sempit namun fungsinya sangat fital, yaitu menjaga ritme kerja jantung agar tetap stabil. Magrib. Hormon Kortizon menurun kadarnya seiring berkurangnya energi dalam tubuh. Pada waktu magrib inilah terjadi pertukaran hormon dalam tubuh. Hormon kortizon akan mulai padam dan siap untuk digantikan oleh hormon Melatonin yang merangsang tubuh untuk istirahat.

Isya. Ini adalah terminal terakhir hormon kortizon. Matahari sudah ditelan malam, Cahaya sudah berlalu. Yang beperan penuh selanjutnya adalah hormon Melatonin. Pada waaktu ini, kecepatan detak jantung akan menurun. Suhu tubuh akan turun. Dari itu semua membuat kita ingin tidur dan istirahat. Pada saat itulah sistem kekebalan tubuh bekerja untuk membersihkan segala penyakit yang ada ditubuh. Makanya disunahkan ketika tidur harus bersih, berwudu agar pori pori tubuh kita terbuka untuk keluarnya cairan racun dari tubuh.

Allah yang mendesign tubuh kita begitu sempurna. Ternyata untuk menjaga tubuh kita tetap sehat , tidak diperlukan cara cara yang melelahkan sampai menyiksa tubuh dengan olahraga keras atau fitnes. Cukup dengan sholat lima waktu , dilakukan dengan gerakan yang benar, tumaninah, khusu maka dijamin seratus persen kita akan sehat lahir batin. Secara batin kita sudah menempatkan tubuh kita secara psikologi untu tunduk dengan ritme biologi. Artinya kita tidak mungkin menyiksa tubuh dimalam hari dengan kegiatan sia sia. Secara lahir tubuh kita bergerak secara teratur sebagaimana gerakan sholat yang disesuaikan dengan ritme biologis.

Benarlah sholat adalah SOP tubuh kita untuk sempurna , yang tidak penyakitan dan tidak mudah frustrasi. Subhanallah. Rahasia Hidup Sehat tanpa Obat ini saya dapat dari buku yang ditulis oleh Dr. Jamal Muhammad Az Zaki.

Sholatlah, karena itu menyehatkan dan juga menetramkan...

No comments:

Magic Word

  Waktu saya pergi merantau. Setiap bulan pasti surat ibu saya datang. Walau saya tidak kuliah. Pekerjaan tidak tetap. Tetapi tidak pernah i...