Saturday, April 17, 2010

Berbuat baik ?

Thomas Alfa Edison tidak pernah terpikirkan untuk menjadi terkenal bila berhasil menemukan lampur pijar. Tidak pernah. Dia hanyalah pria yang tak pernah mengenyam pendidikan formal. Pemalu dan lebih banyak menyendiri. Tapi kegigihannya untuk berbuat sesuatu telah menghasilkan dunia terang benderang sampai kini oleh keberadaan lampu. Mungkin Thomas tidak kaya raya karena penemuan itu tapi namanya harum sampai kini. Larry Page dan Sergey Brin ,juga adalah dua pemuda yang tak selesai program doktor, yang bermimpi untuk berbuat sesuatu bagi orang lain. Ketika mereka memulai ide menemukan mesin pencari ( Search Engine ) tidak pernah terpikirkan mereka akan kaya raya karena itu. Mereka hanya berpikir untuk mendapatkan sesuatu agar orang dapat mudah menemukan alamat di dunia maya.

Warren Buffet awalnya hanya berpikir untuk mengelola saham yang berpotensi dimasa depan. Dia tidak pernah berpikir untuk meningkatkan nilai saham yang dikuasainya melalui permainan bursa. Dia hanya menanti nilai saham naik karena fundamental emiten itu sendiri. Maka kini dia dikenal sebagai investment manager pootfollio terbaik. Awalnya dia tidak pernah berpikir untuk menjadi kaya raya seperti saat ini karena penguasaan saham. Banyak sekali terjadi perubahan didunia ini justru lahir dari impian untuk berbuat tanpa mengharapkan apapun. Orang orang seperti ini berbuat dan terus bergerak tanpa mengejar simbol sukses. Mereka melangkah kearah tabir yang sebagian orang menilai gelap. Tapi bagi mereka langkah itu adalah terang karena mereka berbuat dengan jiwa dan raganya menuntun untuk terus melangkah.

Orang orang yang mengawali langkahnya karena untuk kepentingan orang lain , kesuksesannya tak pernah jauh dari orang lain. Larry Page dan Sergey Brin telah menjadikan suasana kantornya menjadi tempat sebuah keluarga yang hangat lahir batin. Dinobatkan oleh majalah fortune sebagai kantor terbaik. Karena dia menempatkan SDM segala galanya dan menjadikan google dengan motto ” Dont be evil. Warren Baffet telah menyumbangkan USD 30 miliar hartanya untuk kepentingan sosial. Juga berhasil menarik seorang miliuner muda Bill Gates untuk bergabung dalam program sosialnya. Telah mempengaruhi banyak jutawan untuk lahirnya Humanitarian Capitalisme, Telah ikut berperan terbentuknya Global Social Democrat untuk kehidupan dunia lebih baik. Ketika crisis global, Warren Baffet tetap aman. Google tetap aman. Mereka tidak beragama Islam tapi mereka melakukan hakikat sunattulah dengan benar maka mereka mendapatkannya.

Hakikat sunnatullah adalah berbuat dengan syariat yang benar sesuai mau Allah. Syariat yang benar adalah berbuat baik untuk orang lain. Dimanapun kita berada, apapun profesi kita maka budaya kita adalah berbuat baik untuk orang lain. Titik. Karena inilah hakikat Allah. Hakikat pengasih lagi penyayang. Kita menyembah Allah tapi bila kita tidak bisa melakukan sifat kasih sayang Allah kepada orang lain maka itu sama saja kita melawan Allah. Allah telah menegaskan dalam QS- AL Qashash: 77 ” berbuat baiklah (kepada orang lain ) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu”. Ini tegas sekali. Firman Allah ini bersifat holistik bagi semua manusia, tak penting dia islam mapun non islam. Selagi manusia berbuat baik maka .. Allah bersama orang yang berbuat baik. ( QS – AL Ankabuut 69). Inilah sunnatullah. Soal sorga atau neraka , itu soal lain..Karena ini soal hak Allah untuk memberikan rahmat kepada siapapun.

Kemakmuran suatu bangsa karena para pemimpinnya tidak pernah berpikir untuk dirinya sendiri tapi lebih memikirkan untuk orang lain. Umar Abdul Azis telah membuktikan itu dengan menyerahkan seluruh hartanya kepada Baitul Maal Ketika dia diangkat sebagai Kalifah. Maka sunnatullah berlaku untuk kemakmuran rakyat yang dipimpinnya. Sukses seseorang yang teraktualkan dalam bentuk keluarga sakinah, persahabatan yang tulus, lingkungan yang damai, badan yang sehat, rezeki yang cukup , tak lain karena sunnatullah berlaku dari tabungan kebaikan dimasa lalu untuk kepentingan orang lain. Tidak akan datang kesuksesan dengan bibir berbusah karena zikir tapi lupa berjihad untuk orang lain. Tak akan datang kesuksesan dengan doa siang dan malam tapi malas untuk berbuat bagi orang lain dan gemar menumpuk harta.

Wallahualam..

Bencana itu karena Tuhan murka?

  Tahun 2008 atau tepatnya 14 Mei saya mendengar kabar dari berita TV terjadi gempa di Sichuan China. Saya teringat dengan sahabat saya yang...