Tuesday, October 04, 2022

Orientasi hidup


 

Tadi saya sengaja duduk di cafe sendirian. Cafe itu dekat dengan kantor teman. Saya ada janjian ketemu. Tetapi sejam lagi. Jadi saya santai saja. Sedang asyik dengan hape, terdengar ada yang menegur saya “ Babo ya.” Katanya.


Saya lirik, ternyata wanita mature. Ini pasti teman dumay saya.  “ Ya benar. “ Kata saya tersenyum.


“ Boleh bicara sebentar Babo.” Katanya. Dia duduk ditable tidak jauh dari saya. Dekat pintu masuk.


“ ya ya. Boleh.” Kata saya persilahkan dia duduk di table saya.


“ Kenapa babo tidak terpancing perang narasi dengan orang lain? Saya liat itu dalan tulisan babo. Babo hanya focus membahas yang substansi saja. Itupun berkaitan dengan kehidupan bernegara dan bangsa, dan tentu ada juga membahas masalah humanis yang universal” Tanyanya.


“ Satu satunya yang tidak bisa saya lakukan adalah membenci orang karena perbedaan sikap. Mengapa ? saya tahu diri. Saya bukan terpelajar seperti orang lain yang S nya berderet. Saya hanya tamatan SMA. Jadi apapun yang pendapat orang, yang pertama saya lakukan adalah berusaha mendengar. Kalau ternyata berbeda dengan apa yang saya tahu, itu akan memacu saya untuk mencari tahu. Tanpa disadari saya bisa berkembang justru karena saya tidak terpelajar dan terus merasa bodoh.


“ Saya percaya dengan nature babo. Tapi bisa engga dijelaskan dengan dasar pengetahuan eksakta. Setidaknya hukum alam lah.” Tanyanya lagi.


“ Kamu tahu garam dapur.? tanya saya.


“ Tahulah. Namanya perempuan pasti tahu garam dapur. Ada apa?


“ Garam itu terdiri dari dua senyawa yang berbeda, yaitu NaCl atau unsur natrium dan clorida. Perhatikan cara mereka kawin. Logam natrium bertindak sebagai kation atau ion bermuatan positif, yang menyumbangkan satu buah elekronvalensi. Adapun gas klorin bertindak sebagai anion atau ion bermuatan negatif yang menerima satu buah elektron valensi dari natrium.


Dengan memberi dan menerima, mereka jadi seimbang. Dari keseimbangan itu terbentuklah senyawa baru. Tentu bukan natrium dan tentu pula bukan Clorida. Tetapi ya didalamnya ada natrium dan ada clorida, maka disebut Natrium clorida. Kalau mereka dipisahkan, masing masing beresiko terhadap tubuh manusia. Tapi dengan mereka bersatu, engga enak masakan tanpa garam.


Kehidupan juga begitu. Kalau kita sendiri sendiri atau exclusive, kata Flato, itu sama dengan nol. Tapi kalau kita berdua atau lebih atau fluralis, maka itu sama dengan satu. Apa artinya? kalau kita mempertentangkan perbedaan, maka kita sama dengan nol. Alias nothing. Tapi kalau kita berusaha menyatu dalam perbedaan, maka kita sama dengan satu. Pasti bermanfaat bagi kehidupan sosial budaya maupun politik. Itu hukum alamnya “ Kata saya.


“ Pantas dalam tulisan  di Fanpage dan Blog, Babo tidak pernah merasa risih bicara dalam dimensi sekular tentang kapitalis, sosialis, komunis. Pada waktu bersamaan babo juga tidak merasa risih bicara tetang kitab mulia, syariat agama, tauhid. Babo juga tidak terperangkap dengan perang narasi antara kandrun dan cebong. Antara sekuar dan agamais. Pertanyaan terakhir. Apa sih orientasi politik babo, maaf kalau lancang.” Tanyanya lagi.


“ Karena babo bukan orang politik dan sebagai rakyat harus ambil bagian dalam proses politik. Ya soal orientasi politik, Babo lebih focus kepada keyakinan akan kebenaran aja. Tentu kebenaran yang subjectif berdasarkan data dan informasi. Namun karena politik itu grey area, bukan hitam putih, ya itu juga dinamis. Kalau kita rasa ada penyimpangan dari kebenaran ya kita kritik. Itu juga hak demokrasi. Begitu juga orang lain, bisa saja tidak suka dengan kritik babo. Ya biarin saja.


Yang penting jangan karena politik membuat kita membenci orang yang berbeda orientasinya dengan kita. Pertentangan diantara kita sesama rakyat, tidak akan mengubah apapun. Karena kita hanya penonton. Sesama politisi perbedaan itu hanya drama, dalam kehidupan nyata mereka berbagi dan saling berangkulan. Jadi focus sajalah kepada diri sendiri. Kalau ada berlebih ya berbagi, kalau kurang, ya bersabar. Gitu aja” Kata saya.


“ Terimakasih babo.”


“ Ya. “ Kata saya dan dia kembali ke tableny


No comments:

HAK istri.

  Ada   ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh da...