Saturday, February 13, 2016

Valentine day ?

Seperti biasanya menjelang hari Valentine teman teman saya di luar negeri sibuk saling mengucapkan hari valentine dengan caranya yang akrab kepada temannya. Salah satunya sahabat saya di Rotterdam, pernah bertanya kepada saya tentang valentine day..Saya hanya tersenyum dan sebisa mungkin saya jawab dengan santun. Bagi saya, not only valentine day we unveil the love but every day we are to behave and act in love, especially to our beloved. Saya tahu sejarah tentang valentine day dan paham betapa sejarah itu tidak baik untuk dijadikan pijakan oleh umat islam untuk dikenang , apalagi yang berkaitan dengan kasih sayang. Tapi apakah saya harus jadi pembenci karena sejarah ? Tidak!. Di Rotterdam saya bertemu dengan dia , yang menjadi mentor saya dalam bisnis keuangan. Tadinya dia berkarir di wall street sebagai fund manager di Lembaga Keuangan papan atas. Dia mengudang saya minum teh di apartement nya di Utrecht. " Saya kangen indonesia. Kangen sukabumi.Di situ leluhur saya pernah tinggal. "Katanya sambil memperlihatkan album tempo doeloe. Dengan mata berkaca kaca ,berkata " betapa kami pernah berbuat kesalahan dimasa lalu dengan bangsa kamu.Tapi anda dan yang lain selalu penuh senyum kepada kami.Seakan telah melupakan masa lalu "

Saya merangkul dia ,dengan tersenyum saya berkata sebagaimana ungkapan Milan Kundera sang novelis asal Ceko " People are always shouting they want to create a better future. It's not true. The future is an apathetic void of no interest to anyone. The past is full of life, eager to irritate us, provoke and insult us, tempt us to destroy or repaint it. The only reason people want to be masters of the future is to change the past. We learn from the past for a better tomorrow. " Dia paham akan sikap saya. Putranya juga tersenyum ramah meliat keakraban saya dengan ayahnya. Berbeda generasi , berbeda bangsa, berbeda agama, namun kami dipersatukan oleh cinta,untuk hari esok yang lebih baik. Mengingat dia, mengingatkan saya untuk berdamai dengan masa lalu dan apabila karena itu dapat merubah yang buruk menjadi ungkapan cinta maka itulah berkah kehidupan. Sebagaimana valentine day telah mampu mengingatkan orang tentang nilai nilai Cinta dan kasih sayang. Mereka saling berbagi kepada kekasihnya dengan ceria. Saya harus menghormati sikap mereka terharap valentine.itu lebih baik daripada membenci.

Di kehidupan ini terjadinya perbedaan kelas, dan kemiskinan ,peperangan sebagai wabah menakutkan peradaban modern bukan karena miskin harta dan ilmu tapi miskin cinta. Madam Teresa mengatakan bahwa setiap kali anda tersenyum kepada seseorang, itu adalah satu tindakan cinta, sebuah hadiah, sesuatu yang indah. Jangan tebarkan kebencian karena perbedaan tapi tanamkan toleransi kamu dengan caramu dan aku dengan caraku. Kata-kata yang ramah dapatlah singkat dan mudah diungkapkan, tetapi gemanya benar-benar tak berkesudahan. Dalam sebuah riwayat, suatu ketika Nabi Muhammad SAW mencium cucu beliau Hasan bin Ali RA dan disaaat itu disisi Nabi ada Aqra’ bin Habis yang kemudian berkata kepada Nabi, “Aku mempunyai 10 anak, dan belum pernah aku menciumnya.” Kemudian Nabi pun bersabda, “Orang yang tidak memiliki kasih sayang tidak akan dikasih sayangi.” (H.R. Bukhari Muslim) Dalam riwayat lain disebutkan, “Orang yang tidak memiliki kasih sayang kepada sesama manusia, tidak dikasihi Allâh.”(H.R. Bukhari). Artinya bahwa orang yang senantiasa berkasih sayang kepada sesama hamba Allâh, Allâh akan mencurahkan kasih sayang-Nya kepadanya. Rasulullah bersabda, “Orang-orang yang memiliki kasih sayang, akan mendapatkan curahan kasih sayang dari Dzat yang Maha Rahman.” (H.R. Abu Dawud, Turmidzi, dan Ahmad).

BIla orang berimana maka perilakunya senantiasa beramal sholeh. Allah akan tanamkan dalam hatinya masing-masing rasa kasih dan sayang kepada sesama dan yang lain. Allâh berfirman,“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allâh Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.”(Q.S. Maryam [19] : 96). Akhlak yang baik adalah pribadi ihsan yang murah senyum dan empati kepada siapapun, menghindari amarah ataupun menjaga suasana hati orang tidak terganggu karena sikapnya. Bila pribadi ini dijaga dari lingkungan terdekat kita ,cinta akan meluas dan meluas, memberikan harapan bahwa semua akan baik baik saja.

No comments:

Ujian keimanan

  Banyak orang hebat, tetapi tidak hebat. Sama seperti Mie istant. Mie Ayam tapi bukan ayam. Rasa doang yang ayam. Itupun artificial atau bu...