Thursday, May 02, 2019

Penglihatan



Kemarin saya dinner dengan teman. Mereka direksi BUMN yang berbeda. Kami bicara santai di cafe anak muda. Saat itu suasana cukup ramai. Di samping table kami ada tiga orang wanita. Walau usia mereka tidak muda lagi tetapi mereka cantik cantik. Saya perhatikan kedua direksi BUMN itu nampak tidak serius lagi berbicara santai dengan saya. Karena kadang pandangan mereka diarahkan kesamping table kami. Saya lirik kesebelah. Para wanita itu memalingkan wajah ketempat lain dengan wajah masam. Selama 45 menit bertemu mereka, keadaan sudah tidak nyaman. Saya segera undur diri. Karena ada urusan lain.

Dari pintu keluar saya lihat tiga wanita di samping table kami itu bergabung dengan table teman saya. Saya geleng geleng kepala dan tersenyum sendiri. Ternyata saya memang tidak exciting bagi wanita. Atau dalam ilmu komunikasi saya bukan pria yang catching eyes. Hampir di setiap cafe berkelas didalam dan di luar negeri, pengalaman saya tidak pernah ada wanita tertarik dengan saya pada pandangan pertama. Makanya saya bisa berdiam seorang diri berlama lama di cafe tanpa diganggu. Saya pernah tanya sama istri " apakah saya pria yang menarik secara penampilan" Istri saya menjawab " papa itu limited edition. Hanya gua doang yang tertarik, bukan untuk semua wanita ."

Saya pernah di usir oleh petugas Financial Club di luar negeri. Setelah saya perlihatkan kartu keanggotaan saya, mereka nampak terkejut dan akhirnya tersenyum. Tetapi saya perhatikan ada orang lain, yang tidak pernah di cegat masuk ke dalam club, dan baru setelah duduk  ditanya dengan hormat kartu keanggotaannya.  Di pesawat, di business class. Dengan ramah  pramugari menawarkan untuk tag jas pria bule. Bahkan pramugari membantu bule itu membuka jasnya. Sementara saya duduk disebelah bule itu , dicuekin saja. Tidak ada nampak ramah menawarkan agar jas saya juga di tag.

Saya memang tidak punya cover yang exciting berada dikalangan terbatas.  Mengapa ? saya explore diri saya sendiri. Saya menemukan  penyebabnya adalah kekurangan saya. Wajah keras dan penampilan yang sederhana. Sehingga tidak menarik bagi wanita. Mengapa saya ceritakan ini? karena saya perhatikan teman teman saya yang tidak mendukung Jokowi, sebagian besar lebih karena ketidak tertarikan mereka kepada penampilan Jokowi.  Padahal kinerja SBY bukanlah hal luar biasa namun pemilih SBY adalah sebagian besar para wanita. Konon katanya, di Sumbar, SBY menang dalan pemilu, karena penampilan gagah. Ketertarikan pemilih kepada Anies dan Sandi, juga karena penampilannya yang exciting sangat membantu. Pemilih PS juga alasanya karene penampilan PS yang gagah.

Dalam kondisi pramodern, orang juga sudah menganggap sejarah bergerak karena penglihatan. Melalui ilmu, misalnya. Orang Jawa menyebut ”ilmu” sebagai kawruh. Kata ini punya akar dalam kata weruh, yang dalam kamus Jawa susunan W.J.S. Poerwadarminta tahun 1939 berarti ”bisa menggunakan penglihatan” dan juga berarti ”mengerti”. Dan bila benar wayang adalah sumber kearifan, makin jelas bagaimana cahaya (dan akibatnya: bayangan) adalah teknologi purba untuk pen-cerah-an. Kecenderungan mengutamakan mata, oculus, sebagai sumber pengetahuan (dan penguasaan) itu bahkan sudah ada di Yunani Kuno: peradaban yang oculocentric dimulai jauh sebelum Plato. Plato pernah menyebutkan satu upacara purba, satu milenium sebelum dia, yang berlangsung di Eleusis: tiap musim semi ratusan orang berkumpul di sebuah kuil yang gelap pekat bagaikan gua, menantikan ajaran tentang kematian, kelahiran kembali, dan keabadian. Mereka ingin mengetahui hal-hal itu agar dapat mengatur hidup. Nah, Dewi Demeter akan tampil dalam sinar yang terang. Kebenaran akan disampaikan.

Kini jutaan orang, berkelompok atau menyendiri, menantikan informasi. Bukan di Eleusis, tapi melalui sinar di televisi, film, layar komputer dimana saja. Aku melihat, maka aku ada. Tapi hari ini Kindle dan iPad dan entah apa lagi sedang menghapus sumber informasi (bahkan ”kebenaran”) itu. Setiap hari digedor iklan yang tanpa jeda.Etalase-etalase mal yang memamerkan tubuh peraga yang rupawan, busana berpotongan memukau. Atau ratusan botol parfum yang lebih enak dilihat bentuknya ketimbang dicium harumnya. Atau makanan yang mengimbau lidah lewat fotografi. Dan di atas semua itu: logo, logo, logo. Dengan desain yang tak ingin terabaikan.

Kapitalisme, dengan kemampuannya merayakan apa yang visual, mencoba menebus sesuatu yang hilang. Ia bagian dari modernitas yang lahir bersama penaklukan dunia dan kehidupan, yang menghabisi sihir, pesona, dan aura yang dulu dirasakan hadir dalam alam. Sejak awal abad ke-19, ketika benda-benda dipajang di toko-toko besar, orang pun jadi konsumen yang ternganga-nganga takjub. Dengan teknik pemasaran yang piawai, lewat komoditas, pesona dikembalikan ke dunia. Kini, yang secara visual mempesona itu punya dua sifat. Yang pertama, ia tak punya kedalaman. Ia datar seperti etalase, tanpa misteri. Yang kedua, ia dibebani kesementaraan. Bentuk gaun, ukuran dasi, warna kain harus berganti terus, selalu sementara, tiap musim. Hasrat disebut ”hasrat” karena ia tak terpuaskan. ”Mata adalah peranti yang rapuh,”  Artinya, jauh di dalam diri yang tak tampak, ada yang tak tertaklukkan. Kapitalisme mencoba menangkapnya, tapi kata + kisah yang fantastis, yang ”gelap”, menyembunyikannya kembali. Mungkin itu sebabnya kita selalu cemas akan kehilangan fantasi.


Ijtimak ulama dan Politik



Hasil Ijtimak Ulama dan Tokoh Nasional III memutuskan lima poin yang menegaskan ada kecurangan terstruktur, masif, dan sistematis dilakukan kubu paslon 01 dalam Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Atas dasar itu, ijtimak ulama III memutuskan agar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melakukan langkah menyikapi keputusan tersebut. Mendesak Bawaslu dan KPU memutuskan membatalkan atau mendiskualifikasi Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01. Teman saya bertanya kepada saya apakah ulama bisa mengeluarkan maklumat seperti itu? Saya katakan bahwa itu pernyataan sikap politik, bukan agama. Namun memang kebetulan mereka yang hadir itu adalah mereka yang menyebut dirinya ulama.

Mengapa saya katakan itu bukan berkaitan dengan agama?   Dalam urusan dunia, walau kita tidak bisa menerima, namun kita diminta untuk memaklumi. Kemungkinan salah atau curang itu bisa saja terjadi. Itu dilakukan oleh kedua kubu. Fitrah manusia memang tidak sempurna. Bahkan dalam urusan agama, Nabi pernah bersabda “ Sungguh agama ini mudah, dan tidaklah seseorang berkeras-keras dalam menjalankannya kecuali ia akan kalah. Akan tetapi (yang benar adalah) jalankanlah dengan sempurna, (kalau tidak mampu) maka mendekatlah pada kesempurnaan, (kalau ada yang tidak mampu) maka berilah kabar gembira…..” ( Bukhari muslim). 

Masalah Pemilu itu sudah dilakukan dengan niat baik agar proses terjadi secara sempurna. Engga percaya? perhatikan.  KPU Itu didirikan berdasarkan UU. KPU adalah lembaga indepedent atau bukan organik dibawah Presiden. Jadi engga mungkin Presiden bisa kendalikan untuk kepentingannya agar bisa menang. Karena KPU tidak tunduk dengan presiden kecuali kepada UU. Anggota KPU itu dipilih oleh anggota DPR. Walau masing masing fraksi di DPR berhak memilih anggota KPU namun mereka yang terpilih itu bukan partisan, dan tidak pernah terkait dengan ormas atau Partai Politik sedikinya 5 tahun. Jadi hampir tidak mungkin anggota KPU akan berpihak kepada salah satu calon.

Sudah cukup? Belum. Ketika pemilihan umum dilakukan, semua partai dan paslon punya hak mengirim saksinya. Saksi itu ada di setiap TPS. Negara juga melengkapi dengan adanya BAWASLU, untuk memastikan proses PEMILU terlaksana tanpa ada kecurangan, dan wasit independent. Bahkan pengamat pemilu pun dari dalam dan luar negeri berhak memantau langsung sampai ke TPS. Dengan demikian tidak mungkin ada rekayasa untuk memenangkan salah satu paslon.

Hasil pemungutan suara itu dari setiap TPS itu, di hitung secara manual. Kemudian di rekap. Rekapitulasinya dihadiri semua saksi, Bawaslu dan dilakukan berjanjang dari tingkat kecamatan sampai ke pusat. Sementara itu KPU juga membuat perhitungan suara ( SITUNG) secara online dan di publis terbuka. Tujuannya agar masyarakat bisa ikut mengkoreksi perhitungan itu. Hasil final bukanlah Situng tetapi rapat pleno atas rekap suara tingkat pusat.  Itupun dihadiri semua paslon. Jadi benar benar terbuka atau transparan. Semua proses itu diawali oleh hasil quick count yang secara ilmiah dapat dipertanggung jawabkan dan dibenarkan oleh KPU sebagai bagian dari sistem keterbukaan. Hasil quick count sebagai banmark atau patokan untuk memastikan tidak ada rekayasa dalam perhitungan real count. 

Secara sistem memang benar benar KPU itu di design sangat sempurna. Namun namanya perbuatan manusia tentu tidak ada yang sempurna. Pasti ada salah. Makanya UU Pemilu membuka peluang untuk mengajukan gugatan melalui jalur hukum, MK. Disanalah perseteruan bagi yang merasa dirugikan untuk mendapatkan keadilan.  Apalagi ? apakah ulama yang sedang berkumpul mengeluarkan ijtimak paham soal sistem ini ? Dalam urusan agama saja Nabi mengatakan tidak ada manusia  yang mampu melaksanakan secara sempurna. Bahkan kalau tidak bisa sempurna, kita hanya diminta untuk mendekati sempurna. Kalaupun tidak bisa mendekati kesempurnaan, maka ulama diminta untuk menyampaikan kabar gembira. 

Apa itu kabar gembira ? Yaitu kabar gembira buat siapapun yang tidak mampu beramal ibadah sempurna, selama ketidakmampuan tersebut bukan karena niatannya maka tidak akan mengurangi pahalanya.” Jadi kalau pemilu sudah dilaksanakan atas dasar niat baik, dan dilakukan dengan sungguh sungguh sampai lebih 100 orang petugas meninggal berjuang agar pemilu dapat terlaksana, saya rasa itu adalah bukanlah kesalahan yang disengaja. Itu adalah pahala. Kalaupun ada ketidak sempurnaan, namun tidak mengurangi pahalanya di sisi Allah.

Tetapi mengapa harus dikeluarkan ijtimak ulama yang dihadiri oleh mereka yang bukan ulama, seperti Prabowo, Sandiaga Uno, Fadlizon? Sebenarnya para ulama yang dimaksud tersebut sedang berusaha nego dengan firman Allah “ Wahai Rabb Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. [Ali ‘Imrân/3:26]. Tapi Allah berbuat sesukanya. Walau doa dilantunkan mereka dengan berbusa mulut. Airmata jatuh ke bumi. Hasilnya bukan kehendak mereka yang terpilih sebagai presiden, tapi Jokowi-Ma’ruf Amin. Mengapa ? hanya Allah yang tahu. Seharusnya kita menerima dengan ikhlas dan berharap mendapatkan hikmah. 
Tapi ulama yang melakukan ijtimak jilid 3 seharusnya meniru akhlak sebagian besar umat islam pada khususnya dan penduduk indonesia pada umumnya. 95% rakyat bisa menerima hasil pemilu walau pilihannya kalah. Mereka ternyata lebih beriman atas keputusan Allah walau mereka sebagian besar bukan kaliber Ulama.


Friday, April 19, 2019

Jokowi menang, dear

Dear…
Ada haru kemarin ketika rehat seminar. Saya mendengar sekelompok orang berbicara tentang pemilu di Indonesia. Mereka mengatakan bahwa  Hasil Quick Count Jokowi menang, beselisih hanya 9% dari rivalnya. Namun yang hebatnya, Jokowi bisa membuat partisipasi Pemilu diatas 80%. Selisih kemenangan tidak penting. Yang penting itu adalah memberikan kesadaran kepada rakyat akan hak pilihnya sebagai warga negara. Kamu tahu dear, Indonesia yang pluralis dengan luas terbentang sama seperti jarak London Siberia itu, tidaklah mudah melaksankan pemilu secara demokratis. Ini benar benar people power. Dunia terkejut. Betapa tidak. Indonesia yang baru 15 tahun melaksanakan demokrasi langsung, mampu melahirkan kesadara demokrasi yang begitu tinggi.

Kamu tidak bisa membandingkan demokrasi seperti Era  Orba, atau seperti Pemilu Anggota Komite rakyat China,  Pemilu ala Korea Utara, atau pemilu di Singapore dimana orang dipaksa untuk datang ke bilik suara. Ada ancaman serius bagi yang tidak ikut Pemilu. Di  indonesia, orang hanya dilarang mengkampanyekan golput. Namun kebebasan memilih dilindungi haknya sama dengan yang tidak memilih. Faktanya lebih banyak yang menentukan hak pilihnya daripada yang tidak. Itulah nilai demokrasi yang luar biasa, yang tidak mungkin bisa dicapai oleh AS sebagai penyokong utama sistem demokrasi. Tidak juga di Eropa yang mengenalkan paham sekular dalam politik.

Dear, Populasi indonesia diatas 200 juta. Penduduk terbesar keempat di dunia. Mendidik demokrasi untuk populasi lebih dari 200 juta tanpa riak berarti, adalah tidak mudah dear. Namun seni pengelola kebebasan dilakukan dengan begitu indah oleh Jokowi. Saya katakan indah, karena hanya orang yang berjiwa besar dan hati bersih penuh keimanan yang bisa memberikan kebebasan orang untuk bersuara. Bahkan sepanjang kekuasaanya tidak pernah sepi dari hujatan dan fitnah. Jokowi menikmati perbedaan itu walau kadang menyakitkan bagi sebagian orang yang mencintainya. Massa menyemut berdatangan ke Jakarta. Mereka menentangnya. Didepan istana mereka berteriak lantang. Jokowi tidak menghadapinya dengan moncong senjata TNI. Aksi itu dihadapi dengan cinta. Semua selesai begitu saja.

Begitu banyak yang percaya bahwa Jokowi harus diganti. Apalagi melihat lautan massa berdatangan menentangnya. Bukan hanya di Jakarta tetapi hampir disemua kota besar bergema aksi ganti presiden. Ini semakin meyakinkan para elite Politik bahwa Jokowi tidak disukai rakyat. Banyak orang yang tadinya dekat dengan Jokowi akhirnya memilih oposisi.  Namun dear, dibalik aksi dan gemuruh kebencian datang bertalu talu itu, ada kelompok diam yang terus berdoa untuk seorang Jokowi. Mereka tidak menampakkan diri dengan aksi berjilid jilid. Mereka tidak bersuara dengan taburan amarah kepada mereka yang membenci Jokowi. Mereka terus bekerja dalam diam dan  berdoa tentunya. 

Kemarin, ketika Pemilu mereka yang diam itu datang ke bilik suara untuk menentukan pilihan politiknya. Ternyata mereka bukan sedikit, tetapi merekalah silent majority di Indonesia. Hukum demokrasi berlaku. JOkowi sebagai pemenang dalam hitungan cepat. Dan Prabowo bersama kelompoknya harus menyadari bahwa sistem demokrasi tidak menghitung kerumunan orang. Tidak melihat siapa yang peling kencang bicaranya. Tidak melihat siapa yang paling banyak titelnya. Tidak melihat orang berbicara dengan lantunan firman Tuhan dan janji negeri utopia. Demokrasi ditentukan oleh rakyat yang menggunakan hak pilihnya. Prabowo kalah bukan karena dia tidak hebat tapi begitulah demokrasi. Kemenangan Jokowi adalah kemenangan demokrasi.  Kemenangan akal sehat. Itulah people power sesungguhnya. Tidak ada yang bisa menentangnya. 

Dear,
Kalau orang mengatakan bahwa Jokowi meminggirkan islam, itu juga tidak tepat. liatlah fakta hitungan cepat. PKS  yang merupakan satu satunya partai idiologi islam, yang terpuruk di Pemilu sebelumnya, justru di era Jokowi mendapatkan suara terbaiknya. Bahkan mengalahkan partai islam nasionalis lainnya. Mengalahkan Partai Demokrat. Apa artinya itu? itu fakta bahwa narasi idiologi islam punya tempat terhormat diera kekuasaan Jokowi. Itu hanya mungkin karena pemahaman Pancasila yang bersumber dari Tauhid , yang memang tidak seharusnya melarang orang berpolitik menggunakan agama. Tentu sepanjang ia tetap patuh kepada palsafah Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Eka dan NKRI. Umat islam harus bersyukur dengan munculnya Jokowi sebagai presiden. Kemenangan Jokowi adalah kemenangan akhlak, yang menghormati pluralisme atas dasar cinta bagi semua. 

Dari kebebasan yang dikelola Jokowi dengan baik, tingginya partispasi Pemilu, sunattulah terpilihnya pemimpin sesuai kehendak Allah terjadi di Indonesia. Takdir berlaku menjadi hikmah bagi semua. Semoga om Wowok bisa mengerti. Menjadi pemenang itu penting tetapi jauh lebih penting menerima kekalahan dengan ikhlas. Bukankah kekuasan itu bersumber dari Tuhan. Dan kepada Tuhanlah semua itu kembali, ya kan dear..


Salam

Thursday, April 18, 2019

Fiksi VS Fakta.

Mungkin sebagian anda sering mendengar istilah fiksi. Dalam benak anda bahwa fiksi itu lawan dari fakta. Sebenarnya bukan begitu. Fiksi itu adalah sebuah Prosa naratif yang bersifat imajiner. Meskipun imajiner sebuah fiksi tetaplah masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antar manusia. Kebenaran dalam sebuah dunia fiksi adalah keyakinan yang sesuai dengan pandangan pengarang terhadap masalah hidup dan kehidupan. Dari definis fiksi tersebut maka dapat saya singkat bahwa fiksi itu bukan realita, namun dia bisa juga fakta yang ada dalam keseharian kehidupan kita.

Kalau kita analogikan maka Jokowi itu adalah fakta. Sementara lawannya adalah fiksi. Lawanya sengaja membangun narasi imajiner tentang negeri makmur dan sejahtera dibawah lindungan syariat islam. Sangking makmurnya semua murah dan bahkan gratis. Pajak rendah dan pendapatan negara dari SDA terkonsentrasi untuk seluas luasnya bagi rakyat banyak. Saya katakan itu fiksi karena tidak akan bersua dengan realitas. Itu sama dengan dongeng negeri utopia. Namun bukan berarti tidak sesuai dengan fakta yang ada. Karena bisa saja terjadi walau tidak sesempurna yang digambarkan dalam narasi fiksi.

kIsah fiksi negeri yang digambarkan oleh pengusung syariat islam itu ternyata faktanya sebagian bersua dalam kepemiminan Jokowi. Pembangunan terjadi merata lewat penyediaan infrastruktur ekonomi dan distribusi modal lewat dana desa dan kredit mikro. Keadilan sosial tersentuh lewat program jaminan sosial, kesehatan dan pendidikan. Kehidupan beragama tegak. Bahkan alokasi APBN untuk Kementrian agama masuk yang terbesar anggarannya. Hukum tegak dengan semakin banyaknya pejabat yang kejaring OTT KPK. Kejujuran teraplikasikan lewat transfaransi APBN dan sistem pemerintahan. Jokowi sendiri tidak terkontaminasi kehidupan elite yang korup, kolutif, nepotisme. Dari itu semua, walau negara lain mengalami penurunan ekonominya, Indonesia tetap tumbuh dan percaya diri.

Namun fakta yang dikerjakan oleh Jokowi itu tenggelam dengan narasi fiksi negeri utopia yang digambarkan oleh Prabowo- sandi dalam setiap kampanye. Walau Prabosan tidak pernah bicara dalil agama, namun dalam bisik bisik semua narasi Prabosan itu diterjemahkan oleh mereka para pendukungnya sebagai narasi syariah islam yang tegak. Di akar rumput diskusi tentang fiksi negeri utopia itu sangat inten. Sehingga melahirkan militansi perjuangan ganti system, ganti presiden. Itulah lawan Jokowi sebenarnya. Lawannya adalah mereka yang mengusung fiksi negeri utopia dibawah panji islam.

Namun gerakan syariat islam dalam bingkai fiksi negeri utopia itu, oleh sebagian besar rakyat Indonesia dianggap tidak masuk akal. Semakin kencang gerakan fiksi utopia semakin kencang pula gerakan rasional, yangmana iconya adalah Jokowi. Jadi pemilu ini bukan pertarungan antara idiologi Pancasila vs Khilafah atau syariat islam. Bukan pertarungan partai nasonalis dengan partai identitas. Tetapi antara seorang Jokowi dan kaum utopian. Seandainya semua Parpol koalisi PDIP bergabung dengan Gerindra mendukung Prabowo-Sandi, tetap hasilnya tidak akan berbeda. Jokowi yang akan menang. Seandainya Jokowi tidak kampanye. Diam saja. Hasilnya tetap akan sama. Jokowi pemenang.

Sebaliknya, seandainya bukan Prabowo lawan Jokowi, hasilnya engga akan jauh berbeda. Jokowi menang tipis. Apa kesimpulannya ? ini bukanlah pertarungan kekuatan mesin partai. Tetapi antara fakta dan fiksi. Bagi kaum utopian, fiksi itu adalah realitas itu sendiri. Makanya mereka tidak mengakui kekalahan. Mereka memang hidup dalam fiksi. Dan kemenangan Jokowi adalah kemenangan akal sehat. Keputusan KPU kelak tidak akan diakui mereka. Selanjutnya mereka akan terus bergerak lewat narasi fiksi, sampai hari kiamat. Dan ini adalah cobaan bagi kita yang waras. Karena kesempurnaan tidak akan pernah ada, namun tanpa tangtangan orang tidak akan lebih baik. Biarkan aja mereka nyinyir tanpa bisa move on. Kita nikmati saja hidup sebagai orang waras.

Persahabatan dan persatuan.

Ketika saya lahir, Papa saya memberi nama saya Muhammad Yamin. Karena dia terinspirasi dengan tokoh Muhammad Yamin. Namun nenek dari ibu saya menolak. Karena nenek saya pendukung Masyumi. Sementara Muhammad Yamin berseteru dengan Masyumi. Tapi nenek saya terinspirasi dengan Kakek dari papa saya. Dia pedagang besar yang sukses namun rendah hati dan senang berbagi dengan hartanya. Kakek sya saya juga donatur gerakan Muhamamadiah yang berafiliasi dengan Masyumi. Nama saya diubah jadi Soleh seperti nama kakek saya. Ketika saya masuk sekolah TK, nenek saya mendaftarkan saya bernama Erizeli. Apa artinya? engga tahu. Yang jelas kelahiran saya menimbulkan harapan dari semua orang yang mencintai saya. Persepsi mereka berbeda terhadap bagaimana seharusnya masa depan saya.

Penduduk Sumatera Barat itu tidak banyak. Populasinya mungkin hanya sebanyak Kabupaten di Jawa. Namun sejarah mencatat bahwa dari komunitas kecil itulah lahir beberapa orang yang disebut bapak pendiri bangsa. Siapa saja itu. Muhammad Hatta, Sjahrir, Agus Salim, Muhammad Yamin, Muhamamd Natsir, Hamka, Tan Malaka. Mereka semua adalah sahabat Soekarno semasa perjuangan merebut kemerdekaan dan paska kemerdekaan. Mungkin anda menganggap mereka semua satu aliran? tidak. Hatta, Sjahrir, Tan Malaka, walau mereka sama-sama belajar Marxisme dan mendapat pendidikan Belanda namun mereka berbeda pandangan soal politik.

Secara adat Tan mendapat kedudukan terhormat tapi miskin, sedangkan Hatta-Sjahrir dalam strata ekonomi adalah kelas menengah. Masa kanak Tan lebih banyak di desa belajar agama. Sedangkan Hatta dan Sjahrir besar di kota dan hidup di lingkungan keluarga pedagang kaya. Tan mendapat kesempatan belajar ke Belanda karena beasiswa, sementara Hatta dan Sjahrir atas biaya sendiri karena keluarga mereka mampu. Latar belakang itulah yang membuat mereka berbeda. Agus Salim juga sama dengan Tan. Lahir dari keluarga miskin. Dia tida seberuntung Hatta, Sjarir dan Tan Malaka. Dia tidak sekolah ke Belanda. Agus Salim belajar secara otodidak dan lebih banyak memahami Politik dari komunitas Syarikat Islam.

Hatta sangat menentang komunisme. Hatta menganjurkan koperasi dalam menegakkan ekonomi Indonesia. Sebaliknya, Tan tidak menolak komunisme tapi menolak kerangka berpikir komunisme. Komunisme hanyalah metodelogi menjalankan revolusi. Makanya Tan percaya, jika digabung, Islamisme dan Komunisme Indonesia akan digdaya. Namun baik Hatta maupun Tan Malaka punya pandangan sama soal bagaimana Indonesia merdeka. yaitu melalui revolusi Rakyat. Sjahrir ? Dia tidak sejalan dengan Hatta dan Tan soal itu. Sjahrir percaya kemenangan hanya bisa dicapai lewat diplomasi. Dan itu perjuangan kaum terpelajar.

Tetapi Soekarno percaya kepada Sjahrir. Perselisihan makin meruncing ketika Sjahrir menjadi perdana menteri dan mengubah sistem politik dari presidensial menjadi parlementer. Praktis ia dan Amir Syarifuddin yang berkuasa. Karana itu Soedirman bergabung dengan Tan Malaka menentang kebijakan Sjahrir. Hatta menarik massa Islam Masyumi untuk mendongkel Sjahrir. Diantara konplik ini, Soekarno tetap berada ditengah. Walau karana itu Soedirman sempat kesal dengan Soekarno yang bersedia ditahan Belanda ketika class kedua dengan Belanda. Soekarno lebih mendengar saran Sjahrir daripada ikut Soedirman masuk hutan untuk bergerilya.

Dalam silang-sengkarut itu muncul putra Minang lain yaitu Muhammad Yamin. Yamin adalah diplomat ulung sebagaimana Sjahrir. Namun dia tidak begitu suka dengan Masyiumi. Hatta walau dekat dengan Masyumi, bisa setuju dengan Yamin gencar mengkritik secara terbuka politik diplomasi Sjahrir. Sikap frontal Yamin ini kian memanaskan situasi yang berakhir dengan mundurnya Sjahrir dari kursi perdana menteri pada 28 Februari 1946. Pada akhir medio 1950, muncul tiga dwitunggal yang punya jalan masing-masing menghadapi politik pecah belah Belanda: Soekarno-Hatta, Sjahrir-Amir, dan Soedirman-Tan Malaka. Ketiga Dwi tunggal ini semuanya ada putra minang.

Apakah selesai masalah ? Tidak. Karena Soekarno tetap percaya kepada Sjahrir dengan memberinya mandat melanjutkan diplomasi. Keputusan ini membuat kubu Soedirman-Tan kembali meradang. Saking marahnya, tentara sempat menembaki mobil Menteri Pertahanan Amir Syarifuddin yang akan masuk Istana Negara. Bahkan saling tangkap pun terjadi. Amir memerintahkan tentara menangkap Tan dan tokoh Persatuan lain. Soedirman membalasnya dengan memerintahkan pasukan Peta menangkap Sjahrir. Kedua kubu sama-sama membebaskan sandera ketika Soekarno turun tangan. Itulah kehebatan Seokarno. Yang tidak berpihak kepada konplik dan mengutamakan persatuan.

Sejarah indonesia mencatat bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia mencapai puncak legitimasi international berkat perjuangan diplomasi. Itu ide Sjarir. Namun itu tercapai berkat perlawanan rakyat semesta. Itu ide Tan Malaka, Hatta, dan Agoes Salim. Artinya perbedaan sikap itulah yang membuat mereka kuat mencapai tujuan. Mengapa ? Dalam sejarah walau Hatta, Tan, Sjahrir , Yamin berseteru karena perbedaan namun secara pribadi persahabatan mereka sangat hangat. Demi kepentingan nasional , mereka dengan mudah melepaskan sekat pribadi dan identitas, dan tak penting siapa berkorban atau dikorbankan. Mereka ikhlas.

Walau perbedaan terjadi diantara mereka. Namun mereka bisa berdamai dengan Pancasila. Sama halnya walau Papa saya inginkan saya menjadi nasionalis seperti Muhammad Yamin dan Nenek saya inginkan saya jadi Masyumi, namun akhirnya ketika saya masuk TK, justru nama saya Erizeli yang tidak ada identitas agama maupun nasionalis. Saya adalah produk masa depan. Sebuah kompromi yang indah. Walau akhirnya nama Erizeli itu hanya dikenal di komunitas masa remaja saja. Dalam dunia bisnis nama saya juga berbeda. Perubahan terjadi namun saya tetaplah putra yang lahir dari rahim ibu saya, yang percaya kepada Pancasila untuk membuat perbedaan itu indah..

Wednesday, April 03, 2019

Mencuri dirumah sendiri



Kemarin malam di Cafe bilangan Sudirman, saya amprokan dengan teman lama. Tadinya saya kanal dia di Hong Kong tahun 2008. Itu waktu dia melakukan fundraising untuk proyek tambangnya. Waktu itu mitranya adalah wanita selebritis. Menurutnya wanita seleb itu hanya proxy dari pejabat yang membantunya mendapatkan izin tambang. Sekarang dia memindahkan semua portfolio bisnis nya ke Singapore. Dia mengakuisisi perusahaan cangkang holding company yang sudah listed dipasar sekunder Singapore. Ada 4 unit bisnis yang dia kelola sekarang dengan melibatkan mitra globalnya dari China, Singapore, Hong Kong dan Amerika. 

Ada yang menarik dalam pembicaraan santai dengan dia. Dia mengajukan satu pertanyaan yang membuat saya bingung menjawabnya. Pertanyaanya adalah dimanakah tempat teraman untuk mencuri ? Maksudnya adalah kita bebas mencuri tanpa ada satupun pihak mencurigai kita akan mencuri ditempat itu. Demikian dia menegaskan pertanyaan itu. Saya menggelengkan kepala. Karena memang saya tak pernah terpikirkan untuk mencuri jadi tidak paham menjawabnya. Dengan mimik menahan  tawa, dia menjawab “adalah mencuri milik kita sendiri”. Saya mengerutkan kening.  

Anda tahu, ada perusahaan investasi. Pemegang saham dan executive nya melakukan perampokan secara diam diam tanpa terlacak. Perampokan itu bukan kepada pihak luar tetapi kedalam perusahaan dia sendiri. Caranya ? Dia mengakusisi perusahaan tambang batu bara. Uangnya dari investor. Namun biaya konsultan sebesar USD 48 juta untuk proses akuisisi itu dibayar kepada perusahaan cangkang. Belakangan diketahui perusahaan cangkang itu milik dia sendiri. Tetapi karena semua kontrak legal maka tidak bisa dianggap perampokan. Ya gimana engga gampang atur legalitasnya?, Direktur perusaan investasi itu dengan direktur perusahaan yang jadi target akuisisi adalah orang yang sama. Smart!

Bukan hanya itu. Perusahaan tambang itu juga diperas oleh rekanan perusahaan yang sebetulnya para direksi rekanan perusahaan itu terhubung dengan dia sebagai pemegang saham. Perusahaan rekanan itu bertindak sebagai outsourcing. Dari hauling road, pelabuhan, tugboat, truk angkut  adalah unit business yang berdiri sendiri Tentu harga jasa yang ditetapkan dapat diatur sesukanya dan volume pekerjaan dapat diatur sedemikian rupa karena pemiliknya sama walau entity nya berbeda. Apa yang terjadi ? Perusahaan tambang itu jatuh rugi. Terjadi gagal bayar utang. Investor jadi korban. Yang disalahkan pasar karena harga jatuh. Yang disalahkan pemerintah karena menetapkan DMO terlalu tinggi.

Makanya dampak dari cara culas pengusaha seperti itu, para banker dan investor institusi telah menempatkan pengusaha indonesia dalam catatan hitam. Mereka menjauh dari para pengusaha yang menciptakan ponzy bisnis dari pengusahaan SDA. Pengusaha itu jago menciptakan bisnis ponzy yang bisa menyenangkan investor dalam jangka pendek namun dalam jangka panjang membuat investor dan banker terjebak dalam kerugian besar. Yang menyedihkan sekali adalah salah satu pengusaha yang masuk blacklist itu kini adalah politisi yang sedang bertarung dalam Pilpres. 

Entah apa yang terjadi bila mereka menang? Tentu mereka akan jadikan APBN dalam skema ponzy untuk memperkaya diri dan kelompoknya. Rakyat sebagai investor akan jadi korban. Tetapi saya yakin, kalau sampai mereka menang dalam Pilpres, rating surat utang kita pasti akan jatuh. Investor bukan engga percaya dengan indonesia tetapi kawatir dengan track record executive nya yang blacklist. Mengapa ? Mereka rakus. There is a sufficiency in the world for man's need but not for man's greed. Greed is so destructive. It destroys everything.


Friday, March 29, 2019

ISIS KALAH?


Seorang  ASN dari kementerian Kauangan yang juga lulusan STAN dan S2 Adelaide Flinders University of South Australia. mengundurkan diri sebagai ASN hanya karena ingin pindah ke wilayah yang sudah dikuasai ISIS. KIta tidak tahu bagaimana orang terpelajar seperti itu mau saja meninggalkan semua keluarga besar dan sahabat masa kecilnya di Indonesia hanya untuk sebuah keyakinan kebangkitan khilafah Islam. Ia juga membawa serta anak dan istrinya. Benar benar keyakinan yang sublime.  Ketika itu ISIS sedang jaya jayanya di Suriah dan Irak. Gaung kemenangan ISIS dari satu pertempuran ke pertempuran berikutnya mengundang militansi para mereka yang sudah terpapar paham khilafah untuk ikut bergabung. Cerita burung tentang bagaimana makmurnya negara khilafah dibawah ISIS begitu indahnya. Semua gratis dan orang kafir disembelih.

Mereka percaya inilah janji Allah bahwa khilafah itu akan datang saatnya untuk memimpin dunia. Makanya jangan kaget bagi mereka yang sudah terdokrin bangkitnya khilafah , mereka sangat antusias untuk pindah ke wilayah yang sudah yang dikuasai ISIS. Kepergian mereka tentu dengan tidak resmi. Tidak dilakukan sebagaimana lazimnya orang ingin pindah warga negara atau migrasi ke negara lain. Alasanya adalah mau ke Turki. Konon katanya dari Turki mereka akan diatur oleh agen yang bisa membawa mereka ke wilayah iSIS. Begitulah gelombang eksodus warga asing termasuk dari indonesia yang masuk ke wilayah ISIS dalam beberapa tahun. Benarkah janji utopia seperti cerita burung itu benar dirasakan oleh mereka di wilayah ISIS. 

"Propaganda mereka bagus, indah, kehidupan di sana nyaman tentram damai penuh keadilan. Jadi seperti sudah terbutakan. Seperti berita kejelekan mereka hilang begitu saja," ujar Nurshadrina dalam talkshow "Rosi" episode Pengakuan Anggota ISIS, di Kompas TV, Kamis (14/9/2017). Nurshadrina (19) mengaku tertipu dengan seluruh janji dan propaganda ISIS yang dia dapatkan dari internet. Kehidupan yang lebih baik di bawah konsep negara khilafah pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi tidak dia temukan sesampainya di Suriah sejak Agustus 2015."Kami niatnya hanya ingin hidup saja di bawah naungan khilafah itu," ucapnya. Namun, sesampainya di sana, Nurshadrina justru diperlakukan tidak manusiawi. Kaum perempuan jadikan budak sex. Dengan alasan produksi anak untuk perjuangan berdirinya khilafah. Mereka harus melayani pasukan ISIS yang haus sex gratisan. Sementara kaum laki-laki dipaksa untuk ikut berperang. 

Kini ISIS sudah kalah total. Tidak ada lagi kantong wilayah yang dikuasai ISIS. Sebagian warga Indonesia yang ditemukan berada di antara ribuan petempur asing ISIS menyatakan ingin kembali ke Indonesia. Di antara mereka terdapat puluhan anak dan perempuan, yang saat ini berada di kamp pengungsi di Al-Hol, Suriah timur. Mereka sebelumnya berada di Baghuz, kantong terakhir kelompok ISIS, yang direbut oleh Pasukan Demokratis Suriah, SDF pimpinan suku Kurdi. Salah seorang warga Indonesia, Maryam yang bersama empat anaknya menyebut berasal dari Bandung, Jawa Barat. Dia menyatakan "ingin pulang ke Indonesia.” 

Masalahnya tidak sederhana untuk memulangkan mereka. Mengapa ? Karena  mereka masuk secara ilegal ke wilayah ISIS. Pemerintah hanya punya data mereka ke Turki untuk wista. Setelah jangka waktu visa habis mereka tidak keluar dari Turki untuk pulang ke Indonesia. Ya karena sebetulnya mereka tidak di Turki tapi diselundupkan ke wilayah ISIS. Kemungkinan besar passport mereka juga sudah dimusnahkan oleh ISIS atau mereka sendiri. Kini warga indonesia termasuk warga asing dari 53 negara terkatung katung nasipnya di kamp pengungsi di Al-Hol, Suriah Timur. Hampir semua negara termasuk AS kesulitan untuk memproses kepulangan mereka ke negaranya masing masing. Ya alasan administrasi.  Peran keluaga besar mereka di indonesia sangat menentukan untuk membantu proses adminstrasi kepulangan mereka. Masalahnya apakah keluarga besar mereka  berani mengurusnya ke Pemerintah? 

Tahun 2003 saya pernah ke Damaskus, teman wanita saya asal iran mengatakan “ Ancaman serius dari Suriah adalah idiologi khilafah. Dan anehnya selalu dijadikan issue untuk membangkitkan  semangat lahirnya khilafah adalah syiah. Hanya masalah waktu , negeri yang disebut dalam Al Quran ini akan hancur oleh kaum Dajjal yang mengaku sebagai wakil Allah untuk memimpin dunia.” Benarlah. 10 tahun kemudian  ramalan teman saya itu terjadi. Suriah hancur dengan korban lebih dari 200.000 orang sipil.  Saya duduk minum kopi di plaza Indonesia di sebuah cafe sambil memandang ke Bundaran HI. Bayangan saya kepada beberapa tahun lalu ketika bersama teman di Suriah  sambil minum kopi di Al Hamra. Mungkin kini cafe itu sudah hancur karena perang sipil. Kalau kemenangan Prabowo sebagai awal kemenangan khilafah maka mungkinkah nasip cafe favorit saya di Jakarta akan berakhir oleh puing puing keganasan dibalik takbir? ISIS memang udah kalah tetapi idiloginya terus hidup terutama di  Indonesia. Tuhan lindungi kami …



Kualitas elite rendah..

  Dari diskusi dengan teman teman. Saya tahu pejabat dan elite kita   berniat baik untuk bangsa ini. Namun karena keterbatasan wawasan dan l...