Thursday, October 05, 2023

Pengekor

 



Konsep Neoro Linguistic Programming ( penyusunan bahasa syaraf ) menjelaskan bahwa setiap manusia mempunyai susunan syaraf yang sama. Artinya segala sesuatu yang orang lain dapat lakukan , kita juga bisa melakukannya. konsep ini menjawab bahwa memang manusia itu sudah sifatnya follower. Namun follower buta itu bukan sebagai sebuah kecerdasan. Tampilnya politik populis pencitraan dekat kepada rakyat kecil, mudah mendapatkan followr. Namun terbukti politik populis itu hanya penipuan belaka. Para tokoh yang dianggap teladan ternyata hanya jualan tiket seminar dan bisa juga menjual narasi dan retorika agar dapat suara pemilu.


Kita perlu teladan tetapi yang pasti kita bukan orang lain. Rasul hebat. Benar. Tapi kita bukan rasul. Hidup kita hanya ada antara kita dan Tuhan saja. Makanya Tuhan beri kita akal. Apa tujuannya. Agar kita cerdas. Nah untuk cerdas, harus ada tiga hal dalam diri anda, yaitu self-management yang baik; komitmen; kompeten dan fokus; dan keberanian. Mari kita jelaskan satu persatu tiga hal tersebut.


Self-management.

Self management memiliki banyak arti tapi pada dasarnya berhubungan dengan disiplin atau penguasaan diri. Walau anda follower tapi punya self management yang baik, tentu mampu berpikir untuk diri anda sendiri. Anda harus pastikan menjadi diri anda sendiri. Output nya adalah kemandirian total. Mampu memimpin diri sendiri. Sehingga apapun sikap anda didasarkan kepada rasionalitas yang kuat. Faktor perasaan tidak dominan. Tokoh tetaplah tokoh. Tidak perlu anda harus menjadi seperti tokoh. Kalau tokohnya salah, ya anda harus berani mengkritik dengan akal sehat.


Focus.

Anda harus focus terhadap siapa diri anda. Bukan siapa orang lain. Seorang follower yang efektif tidak sekadar memiliki karakter yang kuat tapi juga memiliki ketrampilan-ketrampilan kemandirian. Dengan kata lain anda memiliki kompetensi untuk hidup secara personal atau kelompok. Anda punya semangat terus belajar, belajar sendiri untuk meningkatkan kemampuan. Punya passion untuk kerja ekstra tapi mampu menyelesaikan pekerjaan yang menjadi prioritas. Dia tahu kekuatan dan kelemahannya, dan menggunakan kekuatannya dalam bekerja dan menutupi kelemahannya dengan belajar sepanjang usia.


Berani.

Anda harus bisa dipercaya dan seorang yang berani mengambil resiko. Anda berani berpikir dan mengemukakan pendapat dan gagasan yang menurut anda baik. Anda bisa berpikir kritis terhadap lingkungan sosial politik dan budaya dan memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya itu. Anda berani mengambil tanggung jawab dalam segala hal, berani melayani, berani menantang dan berani terlibat dalam perubahan. Keberaniannya disebabkan oleh integritas yang kuat, perpaduan antara inteligensia dan spiritual.


Nah cerdaslah hidup. Perbaikilah terus menerus Self-management, komitmen, kompeten, atau keberanian? Ingat, sekali anda menjadi follower buta maka dapat dipastikan anda jadi korban kehidupan dan kasihan kepada orang tua yang melahirkan dan membersarkan anda dengan susah payah

No comments:

HAK istri.

  Ada   ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh da...