Sunday, January 01, 2017

HIkmah Film The Passengers

Bayangkanlah anda di matisurikan selama 150 tahun dan di tempatkan di dalam pesawat yang melesat dengan kecepatan setengah kecepatan cahaya. Tujuan perjalanan anda adalah planet Homestead II  yang masih kosong untuk memulai peradaban baru. Karena pesawat bergerak kecepatan cahaya kemungkinan waktu tempuh 120 tahun itu hanya di perlukan beberapa bulan saja. Namun apa yang terjadi bila sebelum 120 tahun itu anda terjaga. Katakanlah 90 tahun lebih awal. Artinya anda harus menanti 90 tahun di dalam pesawat dimana ruang waktunya berbeda dengan di luar pesawat yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Tidak perlu bertanya lebih jauh. Itu hanya ada di dalam film PessengersYang terjaga awal dari tidur suri itu adalah Jim Preston ( di perankan oleh Chris Pratt) salah satu dari 5000 penumpang yang ada di dalam pesawat Kriogenik. Jim baru menyadari bahwa dia terjaga lebih awal setelah melihat keseluruh ruangan pesawat hanya dia sendiri yang terjaga. yang lain masih tertidur didalam kapsul. Dia panik karena membayangkan dia harus menanti 90 tahun untuk bisa bersama sama dengan penumpang lainnya. Tentu sebelum 90 tahun sampai dia sudah meninggal karena terlalu tua. Sementara penumpang lainnya usianya berjalan lambat karena para penumpang dibuat menjalani hibernasi dalam kapsul khusus sehingga mereka tidur panjang tanpa menua selama 120 tahun.

Berkat Robot  satu satunya yang ada di dalam pesawat itu  ( di perankan oleh Michael Sheen) , yang bertugas sebagai bartender, dia tercerahkan. Bahwa dia harus memikirkan apa yang sedang dia hadapi tanpa perlu memikirkan di luar dirinya. Artinya dia harus melewati hidup dengan tabah. Di dalam pesawat yang sangat mewah itu semua tersedia. Apapun tinggal ngomong langsung ada. Karena ada robot yang bisa di perintah tanpa bertanya. Ya kira kira sama dengan di Sorga. Namun semua kemewahan yang ada tidak membuat Jim merasa bahagia. Mengapa ? Karena dia tinggal sendirian. Walau ada robot yang setia melayaninya dan berbicara namun itu hanya robot tanpa perasaan.  Karena itulah dia terpancing untuk membangunkan salah satu penumpang pesawat agar bisa menjadi sahabatnya dalam kesepian. Berkat keahliannya sebagai tukang mekanik tentu tidak sulit bagi Jim membuka kapsul itu dengan tuntunan buku manual yang tersedia didalam pesawat itu. Tapi ada keraguan. Secara moral dia tidak bisa memaafkan dirinya bila karena kesepian dia harus membangunkan seseorang terjaga dari tidur panjangnya. Artinya dia tidak mungkin mengajak oran keluar dari mimpinya untuk bersama sama dengan dia menghadapi kenyataan. Butuh beberpa bulan akhirnya dia berdamai dengan niat dan pikirannya. Mengapa ? HIdup adalah pilihan. Mati menua dalam kesendirian itu adalah kebodohan. Bagaimanapun dia butuh sahabat untuk melewati hidupnya. 

Dengan perasaan bersalah , Jim membuka kapsul dari penumpang yang bernama Aurora Dunn ( di perankan oleh Jennifer Lawrence ). Seorang jurnalis terkenal bermukim di New York. Wanita cantik dan cerdas. Ya seperti Nazwa Shihab. Pilihan kepada Aurora memang terlalu tinggi bila di bandingkan dia hanyalah seorang tukang mekanik. Aurora tercatat sebagai penumpang kelas 1 sedangkam Jim kelas ekonomi. Tapi yang namanya memilih setiap orang cenderung memilih yang terbaik.  Ketika Jim berhasil membuka kapsul itu, dia langsung berlari menjauh. Kawatir perbuatannya di ketahui oleh Aurora. Keesokan harinya Jim bertemu dengan Aurora di ruang makan. Jim beriskap seakan terkejut denga kehadiran Aurora.  Butuh waktu berbulan bulan sampai akhirnya Jim bisa akrab dengan Aurora. Selama itu, dia berusaha menjaga prilakunya tanpa terkesan menggoda Aurora. Berusaha memberikan pencerahan kepada Aurora bagimana menerima kenyataan hidup dan melewatinya tanpa rasa takut. Pertanyaan Aurora kepada Jim mengapa ikut program perjalanan ke planet, di jawab Jim dengan santai bahwa dia ingin terlibat dalam kehidupan yang masih zero, dan profesi tukang tentu di perlukan untuk membangun planet itu. Dari kedekatan itu, mereka bisa saling memahami. Tapi butuh waktu lama sampai akhirnya Aurora jatuh cinta. Namun ketika Jim hendak menyampaikan lamarannya , kedoknya terbuka. Bartender membuka rahasia kepada Aurora bahwa Jim sengaja membangunkannya dari matisuri di dalam kapsul hibernasi. Aurora kecewa karena merasa Jim sengaja memanfaatkanya untuk tidak sendirian di dalam pesawat. Itu sama saja Jim merenggut impian dan harapannya untuk sampai ke planet Homestead II.

Awalnya perasaan cinta Aurora muncul karena situasi dan kondisi dimana dia tidak punya pilihan namun setelah tahu bahwa dia dimanfaatkan maka cinta berubah menjadi benci. Jim tidak kecewa atas sikap Aurora. Dari awal dia sadar resiko yang akan dihadapinya.Lambat atau cepat Aurora harus tahu niat Jim membangunkannya lebih awal dari kapsul hibernasi itu. Walau mereka satu pesawat dan hidup berdua saja di dalam pesawat namun tak ada lagi canda tawa dan teguran. Jim pasrah denga sikap Aurora. Sampai akhirnya salah satu penumpang yang juga kapten pesawat bernama Gus Mancuso ( di perankan oleh Laurence Fishburne ) terjaga dari kapsul hibernasi. Dari Gus, Aurora tahu Jim terbangun karena adanya kerusakan pesawat ketika terjadi benturan dengan meteor, dan Gus tahu kalau Aurora terbangun karena ulah Jim. Gus bisa memaklumi Jim namun Aurora tetap tidak bisa memaafkannya Jim. Akibat dampak negatif dari hibernasi, Gus akhirnya meninggal. Sebelum meninggal Gus memberikan kartu akses kedalam kemudi kontrol dan seluruh fasilitas mesin pesawat. Gus berpesan agar mereka berjuang memperbaiki kerusakan mesin demi 5000 penumpang yang ada di dalam pesawat. 

Kebersamaan Aurora dan Jim kembali bertaut bukan karena cinta tapi karena nilai moral untuk menyelematkan penumpang lainnya. Benarlah sesuai analisa Gus bahwa pesawat setiap hari mengalami kerusakan pada panel sirkuit yang mengendalikan energi penggerak pesawat. Sampai pada puncaknya terjadi kebocoran pada sistem fusi yang bisa berdampak terjadi ledakan menghancurkan pesawat berkeping keping. Jim harus menutup kebocoran itu. Namun sistem otomatis yang tersedia di pesawat tidak bekerja. Satu satunya cara adalah melakukannya secara manual. Untuk itu JIm harus keluar dari pesawat untuk menghidupkan sistem manual tersebutd dan Aurora harus menarik tuas Manual bersamaan waktunya Jim menghidupkan sistem itu. Apabila palka bisa ditutup maka secara sistem pesawat bisa memperbaiki kebocoran itu dan mendinginkan pesawat. Mereka sepakat menjadi tim.  Adegan yang luar biasa adalah ketika Jim memutuskan untuk keluar dengan resiko terbakar dan mati. Kemungkinan selamat kecil kecuali Jim bisa menjauh dari sumber energi panas itu ketika pintu katel di tutup. JIm tidak peduli dengan resiko itu demi 5000 penumpang. Moment itulah yang membuat Aurora menemukan nilai dari seorang Jim. Bahwa Jim pria luar biasa yang tidak pernah memikirkan dirinya sendiri. Padahal tadinya Aurora berprasangka buruk bahwa Jim membangunkannya dari hibernasi karena sifat ego tanpa peduli bula harus mengorbankan orang lain. Benih cinta mulai bangkit kembali namun dalam situasi Jim harus menghadapi maut. 

Mereka berhasil menyelamatkan pesawat dari kehancuran karena aksi Jim yang heroik. Namun karena itu JIm terlempar jauh dari pesawat dan mengawang di jagad ruang hampa udara. Oksigen hanya berasal dari pakaian astronot yang dikenakan Jim , sampai akhirnya habis. Saat itulah Aurora dengan keberanian luar biasa tanpa peduli resiko mati, keluar dari pesawat untuk menyelematkan Jim. Akhirnya Jim bisa di tarik ke kembali kepada pesawat namun menurut alat detektor Jim sudah tidak bernyawa. Tanpa berputus asa, Aurora berusaha membangunkan Jim dengan menggunakan peralatan medis yang tersedia di pasawat itu. Jim bisa di selamatkan dari kematian.   Jim terharu karena Aurora menjemputnya kembali dan menyelamatkan hidupnya. Dari cara aurora menyelamatkan Jim menggunakan alat medis yang ada di pesawat itu ,  cara untuk menghidupkan kembali kapsul hibernasi tersibak. Tapi itu hanya untuk Aurora bukan Jim yang memang kapsulnya sudah rusak. Jim memberikan pilihan kepada Aurora untuk kembali kedalam tabung hibernasi untuk tidur selama sisa 90 tahun perjalanan pesawat. Jim lebih bahagia bila Aurora menemukan kebahagiaan atas pilihannya. Namun Aurora tidak menginginkan pilihan kembali kedalam tabung. Baginya setelah dia menemukan cinta, keihklasan, hidupnya dan pilihannya sudah selesai. 

No comments:

Persahabatan …?

  Sejak  minggu lalu, sejak saya membuat keputusan perubahan susunan Komisaris perusahaan, setiap hari email datang dari Yuni dengan nada pr...