Friday, June 26, 2015

Xinjiang..?

Xinjiang (Tionghoa: 新疆; pinyin: Xīnjiāng; Wade-Giles: Hsin1-chiang1; Uighur: شىنجاڭ), nama lengkap Daerah Otonomi Uighur Xinjiang, adalah sebuah daerah otonomi di Republik Rakyat Tiongkok. Xinjiang berbatasan dengan Daerah Otonomi Tibet di sebelah selatan dan Provinsi Qinghai serta Gansu di tenggara. Wilayah ini juga berbatasan dengan Mongolia di sebelah timur, Rusia di utara, serta Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Afganistan, dan Kashmir di barat. Xinjiang juga mencakup sebagian besar wilayah Aksai Chin — diklaim oleh India sebagai bagian dari Negara Bagian Jammu dan Kashmir.  "Xinjiang" secara harfiah bermakna 'Perbatasan Baru' atau 'Daerah Baru',[1] nama yang diberikan semasa Dinasti Qing Manchu. Nama tersebut dianggap sebagai sebutan sinis[1] dan terkesan menyakitkan hati para pendukung kemerdekaan Xinjiang yang lebih condong pada penggunaan nama lokal yang bersejarah atau beretnik seperti Turkestan Cina, Turkestan Timur atau Uighuristan. Oleh karena ketiga nama tersebut berhubungan erat dengan gerakan kemerdekaan, pemerintah Cina dan kebanyakan warga lokal suku Han menganggapnya ofensi. Tentu dihadapi dengan keras.Karena ini tindakan makar. Di Negara manapun  hukumnya bahwa  siapapun yang mencoba makar maka akan dihadapi dengan disiplin system pertahanan nasional.

Memang sampai kini ada sekelompok orang  yang berusaha keras agar melepaskan diri dari China.Maklum karena suku Urghu adalah muslim. Sementara china beridiologi Komunis yang tidak membenarkan  agama masuk dalam system politik Negara. Namun pemerintah China menyadari perbedaan kultur dan agama ini. Makanya pemerintah china menerapkan UU Otonomi  khusus terhadap wilayah Xinjiang. Parlemen dikuasai oleh tokoh masyarakat yang ada di Xinjiang.Mereka diberi kebebasan membuat aturan sendiri yang berhubungan dengan agama Islam. Seperti hukum Nikah, warisan dan pendidikan. Namun yang berhubungan dengan politik Negara seperti pertahanan,politik dan ekonomi tetap mengikuti hukum nasional  China. Disamping itu sebagai daerah Otonom, Xinjiang mendapatkan dana khusus yang wilayah lain tidak mendapatkannya. Jadi hak rakyat Xinjiang sangat istimewa dibandingkan wilayah lain yang ada di China. Masalahnya mengapa ada larangan menggunakan cadar  dan larangan berpuasa sebagaimana  berita yang dilansir oleh media yang berafiliasi dengan pihak Barat? Teman saya penjabat China waktu kunjungan ke Jakarta pernah saya tanyakan ini.Menurutnya bahwa tidak ada larangan bersifat umum terhadap warga Xinjiang menggunakan cadar. Hanya memang ada larangan khusus tidak membolehkan menggunakan cadar di instansi pemerintah. Karena system China menerapkan pengawasan ketat terhadap setiap orang melewati CCTV. Kalau menggunakan cadar bagaimana bisa mengetahui siapa yang masuk instansi pemerintah.

Bagaimana dengan larangan puasa bagi PNS di Xinjiang?Menurutnya larangan itu juga tidak bersifat umum.Ini larangan bersifat situasional saja. Pejabat Kantor pemerintah melarang orang berpuasa tidur sewaktu bekerja.Bagi China ini sangat prinsip. Mengapa ? karena warga Xinjiang bukan hanya suku urghu yang Muslim. Ada juga warga dari suku Han yang bukan beragama Islam.Mereka harus dihormati untuk mendapatkan pelayaran terbaik dari pemerintah termasuk dibulan puasa.Tidak bisa produktifitas rendah hanya karena alas an puasa. Namun media asing mem blow up berita seakan akan  UU nasional  China melarang umat islam melaksanakan ritual puasanya. Ini jelas menyesatkan dan tindakan provokasi untuk menanamkan antipati terhadap China.Ini bisa ditebak karena berkaitan dengan perang proxy yang sengaja menggunakan kekuatan media local  untuk membangun opini agar  China tidak bisa nyaman bermitra dengan Indonesia.Ketauilah bahwa sesungguhnya China tidak begitu nyaman bermitra dengan Indonesia. Semua orang terdidik tahu betul bagaimana bar bar nya rakyat Indonesia terhadap rakyat Indonesia etnis China.Peristiwa 1965 dan Mey 1998 tercatat lekal dalam memori mereka bahwa harus tetap hati hari terhadap kemitraan dengan  Indonesia.

Apakah China rugi bila tidak bekerja sama dengan Indonesia ? Teman saya pengusaha China megnatakan bahwa mereka tidak rugi sama sekali. Mengapa ?Untuk  minyak,mereka bisa dapatkan dengan mudah dari Iran dan Kazakhtan. Pipa minyak China membentang  dari Iran ke Kumning. Setiap harinya jutaan  barrel masuk untuk diolah dipusat refinery China.Untuk tambang Besi, China punya tambang terbesar didunia di Australia dan Brazil. Untuk tanaman pangan.China punya jutaan hektar di Laos dan Myanmar. China juga punya konsesi bisnis tambang di Amerika latin dan Afrika untuk memenuhi kebutuhan industry dalam negerinya menghasilkan barang  memenuhi konsumsi eksport dan domestic. Disamping itu wilayah  China bagian selatan adalah wilayah subur.Hampir semua sumber daya alam yang ada di Indonesia juga ada di wilayah tersebut. Jadi kalau peluang kemitraan dengan China tidak berhasil maka kita harus kembali masuk perangkap Amerika,dan Eropa  serta Jepang untuk berutang dengan menjerat APBN sampai batas kita tidak punya power lagi menggerakkan fungsi social APBN.Mari cerdas bersikap…

No comments:

Berbagi

  Sore jam 5 saya pulang ke rumah. Perut keroncongan.  “ Maaf. Kamu sudah makan ? Tanya saya ke supir taksi. “ Tadi siang sudah pak.” “ Bisa...