Friday, March 08, 2013

Angel Investor


Angel dalam bahasa indonesia berarti adalah malaikat atau bidadari atau utusan Tuhan. Ya apapun itu, bila mendengar angel kita berharap semua karena kebaikan. Angel  juga berarti financial support atau pendukung keuangan. Dalam dunia keuangan dikenal  istilah dengan sebutan angel investor. Apa itu ? Sudah bisa ditebak bahwa ini jenis investor yang berbeda dengan investor yang lazim seperti perbankan atau venture capital. Bila investor khususnya institusi pada umumnya lebih mementingkan laba dan keamanan dari segala resiko. Maklum karena investor institusi dananya berasal dari publik dengan janji aman dari segala resiko. Namun Angel fund, adalah sesuatu yang berbeda. Ia tidak melihat dari parameter resiko tapi melihat dari keyakinan dirinya sendiri terhadap mitra yang datang kepadanya. BIla dia yakin akan calon mitranya maka dia akan mengambil keputusan untuk melepas dananya. Unsur yang menjadi pertimbangan sang angel melepas dana pada umumnya karena  pertama, factor pribadi dari calon mitra atau pemrakarsa, kedua, bahwa project itu memang dikuasainya dengan baik sehingga tidak sulit untuk mengetahui peluangnya,  ketiga karena factor kedekatan emosi seperti satu almamater , hubungan keluarga, agama, atau karena persahabatan sudah terjalin lama. Angel investor paling banyak di china atau negara asia dimana budaya saling membantu atas dasar agama dan klan masih sangat kental. Tapi di negara kapitalis yang individualistis , angel investor tidak begitu banyak namun beberapa nama besar dalam dunia bisnis lahir dari tangan para angel investor.

Angel Investor , pada umumnya adalah private equity dimana dananya tidak berasal dari pihak lain. Dananya berasal dari kantongnya sendiri, yang bisa saja dana terkumpul dari keuntungan berbagai investasinya yang telah sukses mendatangkan laba. Pelaku angel investor tidak begitu tertarik dengan bisnis yang sudah well established  yang butuh dana  tambahan untuk pengembangan. Mengapa? bukankah bisnis yang sudah well established aman dari resiko. Alasannya bahwa bisnis yang sudah well established umumnya mendatangkan yield yang rendah dan peran investor hanya sebatas uang tanpa ada keterlibatan emosi untuk peningkatan value. Iming iming laba dan keamanan tidak akan membuat angel fund masuk dalam bisnis. Mereka hanya tertarik akan sesuatu value yang bisa menyinggung pride mereka. Pride ini bisa karena factor agama, hobby, pertemanan, kemanusiaan, inovasi. Itu sebabnya komunikasi business dengan angel fund lebih mudah bila bisnis itu masih bersifat baru sama sekali. Belum ada kontaminasi visi dari pihak lain. Belum terikat komitmen dengan pihak lain. Banyak entrepreneur hebat saat sekarang seperti Bill Gate, Ted Turner, Lie Jun  awalnya didukung Angel fund. Keberhasilan mereka sebagai businessman berkat angel fund , juga akhirnya menjadikan mereka sebagai angel investor. Itu sebabnya komunitas angel investor cukup  banyak namun mereka tidak sulit didekati asalkan anda punya kualifikasi yang bisa membuat pride mereka menoleh anda.

Apa yang bisa didapat dari Angel Investor? Disamping dana tentunya, anda juga akan mendapatkan akses kejaringan business nya. Artinya apabila anda bisa menunjukan the best performance anda sebagai mitranya maka tidak sulit bagi dia menempatkan anda dalam jaringan business nya dan ini sangat berguna mendukung pengembangan usaha. Bill Gate bisa membuat lunak IBM bermitra dengan Microsoft karena tekanan dari Ross Perot sebagai angel investor dari Microsoft, yang juga mitra potensial dari IBM. Disamping itu Angel investor pada umumnya adalah businessman yang berpengalaman dan tentu mereka bukan hanya kaya secara materi tapi juga kaya secara moral. Karenanya visi mereka selalu untuk keharmonian dan kasih sayang. Ini sangat membantu bagi pemula untuk motivasi menghadapi  segala rintangan. Itu sebabnya Virgin Group dari sang angel investor ternama Sir Richard mampu mengembangkan usahanya dengan cepat dan tak terimbas akibat krisis. Karena sebagian besar usahanya dikelola oleh pemrakarsa yang dibiayai oleh Sir Richard melalui angel fundnya. Mereka tumbuh dan berkembang bersama virgin group namun mereka tidak kehilangan indentitas sebagai wiraswata dan  pemrakarsa atas obsesinya  untuk tumbuh dan terhormat.

Sekali lagi bahwa angel investor selalu mencari "scalable" bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena sebuah inovasi dan kreatifitas. Umumnya Angel investor menetapkan syarat  kepemilikan saham mayoritas namun memberikan opsi kepada pemrakarsa proyek mendapat lebih atau equal dengannya apabila business berjalan sesuai rencana. Ini sebagai bagian dari motivasi dan sekaligus menekan resiko pengendalian dimana bila suatu saat harus mengambil keputusan yang keras tanpa perlu berkompromi dengan pemrakarsa. Maklum karena ini adalah venture business maka Angel investor menanggung semua resiko bisnis dan karenanya dia berhak mempunyai power untuk merubah strategy business untuk menekan resiko. Bagaimanapun keberadaan angel investor adalah lebih baik daripada orang kaya yang terus menyimpan uangnya dibank atau di asset yang mati sambil berharap harga naik dikemudian hari agar mendapatkan capital gain. Orang kaya yang cenderung bermain aman dengan hartanya adalah orang yang hidup dalam RIBA. Ia rakus dan sombong dengan hartanya. Karenanya orang kaya seperti ini yang paling banyak menjadi korban ketika bursa jatuh, perbankan bangkrut, pasar uang hancur, investasi bodong yang ditinggal kabur oleh pengelolanya. Tapi para pelaku angel investor tidak pernah jadi korban dari paradigman business aman dan untung itu. 

Bagi pelaku angel investor harta harus dikembangkan lewat kemitraan dan siap menghadang resiko dari ketidak pastian masa depan, namun berkat kerja keras, istiqamah, sabar melewati rintangan, bertawakal atas segala jerih payah...dan berhasil meraih laba,itulah bisnis yang HALAL karena antara syariat dan hakikat bertemu dalam sunattullah. Angels also often want to contribute more than money to a young company. Angels have the experience, and inclination, to be great mentors and valuable directorsAngel investor adalah satu cara mengembangkan uang dan sekaligus berbagi dengan harta serta pengalaman untuk memberikan orang lain kesempatan berkembang dengan obsesinya walau karena itu harus mengambil resiko. Ya dengan demikian harta ditempatkan dalam dimensi sosial untuk berbagi karena cinta...

No comments:

Bencana itu karena Tuhan murka?

  Tahun 2008 atau tepatnya 14 Mei saya mendengar kabar dari berita TV terjadi gempa di Sichuan China. Saya teringat dengan sahabat saya yang...