Monday, January 03, 2011

Bahasa Cinta

"Yatuhan kami, janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana engkau bebankan kepada orang orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkau lah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir “ ( QS. Al- Baqarah .286). Inilah doa yang terdapat didalam Al Quran, dimana Allah mengajarkan kepada kita manusia untuk melafalkannya. Subahnallah. Dalam doa itulah Allah secara langsung membuka rahasia kita dan Dia. Kita yang lemah dan Allah yang berkuasa. Karenanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

Untaian doa ini memberikan makna teramat luas bagi saya ketika tantangan datang silih berganti. Teman saya lewat SMS mengingatkan saya untuk sholat Tahajud dan sekaligus menyarankan untuk membaca Firman Allah itu dalam sholat. Seusai sholat Tahajud saya termenung di sajadah saya. Tak mungkin Allah menciptakan manusia tanpa tahu bagaimana melindungi manusia dari segala pengaruh negatif hidup di dunia. Tubuh kita terisolasi oleh ruang dan waktu. Kita tidak bisa lari dari lingkungan yang terus terpolusi udaranya. Kita tidak bisa lari dari lingkungan yang terpolusi budaya brengsek. Kita lemah dan teramat lemah secara phisik mapun jiwa untuk menghadapi pengaruh lingkungan itu. Namun Allah sebagai sang Maha Pencipta ada didalam diri kita, yang selalu menjaga kita melewati itu semua.

Ternyata alat untuk melindungi tubuh kita dari pengaruh buruk atas kesehatan jiwa dan raga kita telah Allah sediakan dengan sedemikian rumitnya didalam susunan DNA kita. Seluruh susunan saraf yang menghubungkan segala organ tubuh kita termasuk otak, juga sudah dirancang oleh Allah dengan sangat sempurna agar kita terhindar pengaruh buruk dari luar yang bisa membuat kita sakit atau tidak sehat lahir maupun batin. Alat itu akan bekerja secara tetap sepanjang standard operating procedure diikuti. Samahalnya mesin mobil akan terawat dengan baik asalkan oli diganti sesuai kilometer ( jauh perjalanan ) yang ditetapkan oleh pabrikan. Pada manusia, Allah memberikan ketentuan tentang Sholat dengan waktu yang ditentukan tetap, yaitu lima kali dalam sehari. Jadwalnya tetap dan jumlahnyapun tetap. Yang wajib , tidak boleh dikurangi dan juga tidak boleh dilebihkan.

DR. Moh Soleh telah membuka Rahasia sholat ini lewat penelitian sains. Semua gerakan sholat ternyata berhubungan dengan kesehatan raga dan jiwa. Pada waktu kita sedang melakukan sholat, tubuh kita dalam keadaan rilex. Fungsi organ tubuh di recovery dari pengaruh negatif lingkungan dan pada waktu bersamaan jiwa kitapun mendapatkan ketenangan penuh ( rilex ) karena keyakinan bahwa Allah akan menolong kita dari segala kelemahan, kebodohan kita. Orang sholat mendapatkan pencerahan secara kejiwaan bahwa Cinta akan keimanan dan menjadikan keimanan itu indah didalam hatinya ( QS. Hujurat (49): 7. Hanya lewat sholatlah goresan Cinta Allah terukir indah pada hati manusia. Dengan itu membuat manusia merasa nyaman, aman dan penuh gelora yang tak bisa diungkapkan dengan kata kata. Karena cinta adalah bahasa ketuhanan yang paling azali.

Sholat adalah suatu cara indah berdialogh secara langsung dengan Allah, sang Pemberi Cinta dan karenanya tak mungkin Allah membiarkan kita melewati hal tersulit ( beban ) yang tidak mungkin bisa kita atasi ( pikul ). Tak mungkin Allah menghukum bila kita lalai dan tetap memberikan kesempatan kita untuk memperbaiki diri dengan mohon ampunan ,dan pasti melindungi kita menghadapi kaum kafir. Kita yakin itu sebagai buah keimanan, buah sholat. Ini repliksi cinta antara makluk bernama manusia dan Allah sang maha pencipta. Bahasa cinta itu akan teraktualkan dalam kesehariannya yang penuh cinta dan kasih sayang kepada siapapun. Alangkah meruginya manusia dalam rentang waktu kehidupannya menjauh dari Allah, menjauh dari sholat dan tentu lupa akan makna cinta. Tentu juga lupa berbagi kepada sesamanya. Sholatlah untuk sebuah makna bahwa cinta adalah cinta.

No comments:

Wahyu dan Zaman

  Wahyu yang selama ini dikenal dan dipahami oleh umat Islam berbeda dengan fakta dan klaim sejarah. Karena wahyu yang absolute hanya saat w...