Tuesday, April 30, 2024

Mengapa petani China dan Thailand kaya raya.


 

Anda mungkin tahu semua apa itu sauce tomat. Tentulah. Itu menu tambahan wajib yang tersedia di meja saat anda makan sup atau nasi goreng. Tahukah anda?. Sauce tomato itu dibuat dari juice tomat. Dalam satu botol sauce tomat, hanya 10% berisi juice tomat. Sisanya air dan penyedap rasa dan ada juga ditambahkan dengan tapioka atau pepaya. Dijual di pasar relatif murah. Namun sebenarnya kalau dihitung dengan cost 10% juice tomat, tetap saja mahal.


Juice tomat sendiri diproduksi oleh industri agro yang proses produksinya memang agak rumit namun juga tidak terlalu. Namun menjadi terkesan rumit karena tomat itu mudah busuk dan itu artinya mudah jadi media bakteri.  Jadi proses produksinya harus cepat dan steril.


Yang menjadi inti dari proses produksi  juice tomat adalah proses penghancuran ( pelumatan). Ini berkaitan dengan kualitas. Ada dua metode. Satu hot break. Satu lagi cold break. Hot Break, Enzim pemecah  panas dinonaktifkan menyeluruh. Kerusakan pektin lebih sedikit, viskositasnya baik, namun rasa dan warnanya berkurang  Cold break. Suhu rendah, enzim tersier pektin tidak sepenuhnya dinonaktifkan. Pektin dihidrolis secara enzimatis menjadi rantai pendek, dan viskositasnya rendah, tetapi warna dan rasanya tidak hilang. Biasanya untuk pasar ekspor ke negara maju, menggunakan  metode Cold break.


Kemudian yang  juga rumit adalah dalam penghancuran dan blender tomat. Karena selama proses itu udara pasti tercampur dan pasti membawa bakteri. Makanya setelah penghancuran perlu dihilangkan aerasi. Kemudian disterilkan menggunakan proses sterilisasi HTST (90-95 derajat celcius selama 40-60S. Juice tomat yang disterilkan itu harus dengan kadar gula tidak lebih 4,3% dan nilai PH 4,4. 


Yang tak kalah rumit adalah proses packing. Karena saat dimasukan ke wadah pasti tercampur udara. Lagi lagi proses packing harus melalui sterilisasi dengan dimasukan ke dalam terowongan pasteurisasi dan retort. Pengolahan tomat jadi juice tomat., sama saja dengan pengolahan cabe jadi tepung ( chili powder), menggunakan metode cold break dan sterilisasi saat di packing.

Di Cina dan Thailand pertanian sayuran seperti tomat dan cabe sudah dikelola secara industri. Kapasitas produksi tomat dan cabe mampu memenuhi kebutuhan pabrik pengolahan dengan kapasitas bisnis yang menguntungkan. Harga tomat dan Cabe petani yang masuk dalam proses produksi semacam ini memang mahal dan harganya selalu naik, begitu juga dengan juice tomat dan chili powder selalu naik harganya di pasar supply chain industri makanan. 

Makanya petani di China dan di thailand, itu kaya kaya. Karena ekosistem agro terhubung dengan supply chain industri makanan secara global. Dan resesi gimanapun dunia, makanan tetap tinggi permintaannya. Di Indonesia sebagian besar pabrik makanan yang produksi sauce tomat, sauce cabe, mis instant masih impor juice tomat dan Chili powder dari China dan Thailand. Kini kurs Rupiah melemah, harga harga sauce tomat, sauce cabe, mie instant juga akan ikut naik. Gula dan garam pun kita masih impor dan itu tentu harga akan naik seiring melemahnya kurs rupiah. Sudah 7 presiden berganti sampai kini belum ada presiden yang mampu melakukan transformasi ekonomi dari cara tradisional ke industri. Itu karena lemahnya visi pemerintah dalam membangun,  yang didasarkan kepada tidak ada niat baik untuk cinta dan kasih sayang kepada petani.

Saturday, April 13, 2024

HAK istri.

 



Ada  ponakan yang islamnya “agak laen” dengan saya. Dia datang ke saya minta advice menceraikan istrinya ? Apakah istri kamu selingkuh dan terbukti benar adanya ? tanya saya.


“ Tidak “ jawabnya.


“ Kalau begitu engga ada alasan kamu ceraikan istri kamu. Selagi dia tidak selingkuh, walau  dia males, engga mau bersolek, bau ketiak, doyan duit , engga telaten urus anak, suka marah marah, bawel, engga boleh kamu ceraikan.  Ingat menikah itu janji dihadapan Tuhan, disaksikan Malaikat. Jangan lue kira cuman penghulu..” kata saya.


“Begini Om , dengar dulu masalahnya “ katanya “ Agama kan mengharuskan istri patuh dan setia kepada suami.” 


“ Benar. Dia harus patuh dan setia, Tapi itu bukan berarti disuruh apa saja harus mau. Bahkan disuruh poligami juga harus mau. Bukan itu yang dimaksud patuh dan setia. Bukan. Tetapi dia patuh dan setia  kepada Tuhan, dengan menjaga hatinya hanya codong kepada kamu. Itu yang dimaksud setia dan patuh. Paham! Kata saya.


Dia terdiam…


“ Ananda, seru saya dengan lembut “ Rumah tangga itu kalau dipikir secara rasional jelas tidak adil. Betapa tidak. Pria tidak punya hak apapun terhadap wanita sebelum dia tunaikan kewajiban. Setelah calon suami  memberi mahar kepada calon istrinya, maka yang haram menjadi halal. Setelah berhak, itupun dipagari oleh agama dengan istilah “ perlakukanlah istrimu dengan baik,” Tahu arti perlakukan dengan baik ? menjaga suasana hatinya dari marah, kecewa, sedih, rasa kawatir, malu. 


Nah kalau istri marah jangan pula ikut marah. Ya dengar dia marah dan berusahalah diam dengan tetap tersenyum. Tetapi kalau kamu balik marah atau bentak dia, itu bukan menjaga suasana hatinya tetapi malah merusak hatinya. 


Kalau dia kecewa dan sedih karena kurang uang dan kamu engga bisa cukupi, ya minta maaf dengan tulus. Jangan pula dibentak dibilang istri matre. Ingat uang belanja itu bukan nafkah istri. Nafkah istri adalah perhiasan dan pakaian untuk kehormatannya.


Kalau istri cemburu itu karena dia kawatir, bukan sekedar kawatir tetapi rasa malu kalau sampai suaminya menikah lagi. INi masalah rasa hormat. Jadi kalau istri cemburu ya jangan pula dibentak. Jaga suasana hatinya dengan berdoa kepada Tuhan agar hati kamu hanya condong kepada dia. Paham “


“ Ya paham om. Ternyata jadi pria itu berat sekali.”


“ Ya sangat berat. Karena memberi kepada istri itu adalah kewajiban. Engga dilaksanakan ya dosa. Kalau sampai istri minta cerai karena kamu miskin atau 123 horeee, itu juga engga salah. Itu hak dia. Itu bukan dia engga setia tetapi memang begitu fitrah wanita. Dan ingat, sebaik baiknya pria dihadapan Tuhan, adalah pria yang memuliakan istrinya. " 

Memahami otak, beriman kepada Tuhan.

Pada otak kita ada sel bernama neuron. Neuron adalah sel yang memproses dan mengirimkan pesan di dalam otak. Setiap neuron dipenuhi dengan D...